Sunday 28 July 2019

WISATA RELIGI - ZIARAH RADEN FATAH (RAJA MUSLIM PERTAMA DI JAWA)


#AKAtrans Blora - Jika kita akan menghabiskan liburan di Demak, traveler bisa menyempatkan diri untuk ziarah ke makam Kesultanan Demak Bintoro di area Masjid Agung. Makam sultan seperti Raden Patah dan para abdinya pun ada di sini.

Wisata religi dengan ziarah ke makam menjadi salah satu pilihan yang pas. Seperti ziarah ke makam Kesultanan Demak Bintoro di kompleks Masjid Agung Demak, Demak, Jawa Tengah.

Saat kita berkunjung ke kompleks makam Kesultanan Bintoro Demak atau Kesultanan Demak tersebut, Makam itu bisa ditemukan di bagian belakang Masjid Agung Demak yang sangat sarat dengan nilai sejarah tersebut.

Di kompleks makam ini, kita bisa melihat makam dari raja-raja Demak beserta para abdinya. Seperti sultan Demak yang pertama yaitu Raden Fatah, Sultan Demak II Raden Pati Unus, serta Sultan Demak III Raden Trenggono.

Selain sultan, makam para pangeran dan istri, Putri Champa, hingga Syekh Maulana Maghribi juga ada di sini. Putri Champa sendiri berasal dari Kerajaan Champa di Vietnam dan merupakan ibunda dari Raden Fatah.

Masjid Agung Kesultanan Demak Bintoro
Sementara itu, Batu nisan di komplek makam ini berbeda-beda ukuran dan warnanya. Ada yang berwarna putih, ada pula yang cokelat. Makam Raden Patah misalnya, warnanya cokelat muda dan lebih tinggi dari makam lain.

Saat kita berada di area makam, kita bisa menyaksikan beberapa pengunjung yang duduk di lantai dekat pagar pembatas makam. Lantai berkeramik putih itu memang biasanya ditempat orang-orang yang ziarah. Ada yang tampak duduk dan terdiam, ada pula pengunjung yang membaca Kitab Suci Al Quran.

Sedangkan di pagar pembatas makam terdapat tulisan jadwal ziarah makam Raden Fatah adalah hari Kamis Wage pukul 17.00 WIB hingga Jumat Kliwon pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk Raden Trenggono pada malam Jumat Kliwon pukul 19.30-21.00 WIB. Namun di luar waktu tersebut tetap banyak yang datang untuk ziarah.

#AKAtrans Blora, menyediakan layanan transportasi yang Aman dan Nyaman..

7 comments: