Monday 6 February 2017

WISATA (TELUK) KOTA PALU



Siapa yang tak pernah mendengar akan keindahan Kota Palu, Kota yang dibelah oleh teluk, ya Teluk Palu merupakan suatu perairan yang menjorok ke daratan yang tepatnya berada di tengah kota Palu, Sulawesi Tengah. Tempat ini merupakan salah satu unggulan pariwisata yang ada di kota Palu, hal ini karena di dukung oleh landscape yang begitu indah yaitu perpaduan antara laut, pegunungan dan jembatan yang menjadi icon kota Palu ini.

MASJID APUNG

Masjid yang terletak di sekitar jembatan Ponulele atau jembatan palu 4. Masjid ini tidak terlalu besar namun sangat anggun, warna kubahnya seperti emas, dinding dan tiang-tiangnya mempunyai warna yang serasi. Sangat indah apalagi di lihat pada malam hari, lampu-lampu yang berganti warna menerangi kubahnya, masjid yang nan indah ini melengkapi keindahan teluk palu pada malam harinya. karena alasan tersebut, Masjid ini sering menjadi tujuan wisata di Teluk Palu nan Indah ini.

PENGGARAMAN

Ya, Sesuai dengan namanya tempat ini merupakan lokasi pembuatan garam satu-satunya di teluk palu, selain keunikan dan keindahan dari lokasi ini , di tempat ini juga terdapat kafe-kafe "sebutan warga setempat" yang hanya buka pada malam hari di sepanjang pantai daerah penggaraman. tempat ini sering di kujungi warga karena menjadi lokasi yang tepat untuk melihat pemandangan Teluk Palu ini.

TAMAN RIA

Adalah Taman Ria merupakan sederetan panjang kafe-kafe kecil yang berada di sepanjang pantai talise, tempat ini selain indah untuk di pandang, cocok juga untuk melepas lelah karena di tempat ini menawarkan aneka makanan dan minuman khas kota Palu. sehingga tidak jarang sebagian orang menjadikan tempat ini sebagai tujuan untuk mencari hiburan dan refreshing.

JEMBATAN PONULELE

Jembatan Ponulele, merupakan sebutan salah satu jembatan yang menjadi tujuan wisata karena keunikan dari jembatan ini, nama ponulele di ambil dari gubernur sulawesi tengah yang menjabat saat pembuatan dan peresmian jembatan ini. Jembatan ini diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden SBY. Jembatan ini membentang di atas Teluk Talise ini berada di kelurahan Besusu dan Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Palu Barat, dan menjadi salah satu penghubung antara wilayah Kecamatan Palu Barat dan Kecamatan Palu Timur. keunikan Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah  Perancis  dan  Jepang.

PANTAI TALISE

Yang terakhir Pantai Talise, Pantai ini merupakan obyek wisata dengan memiliki panorama alam yang indah. hamparan teluk dan pegunungan yang begitu mempesona. Selain itu, pantai ini sangat cocok untuk kegiatan olah raga, seperti: berenang, selancar angin (wind surfing), sky air, menyelam, memancing, dsb
.
Pantai Talise sebagai tempat tamasya adalah pilihan yang paling murah dan mudah karena selain tidak memerlukan biaya, lokasinya teramat mudah untuk dicapai yaitu ditengah kota dan akses jalan yang sudah teraspal .
Keberadaanya yang dekat dengan pusat kota menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh pendatang maupun masyarakat Palu sendiri. Berkunjung di siang hari agak kurang cocok, karena cuaca di Palu umumnya terik dan angin bertiup sangat kencang saat jam 12 siang lewat.

Pemandangan indah di Pantai Talise saat matahari menjelang terbit. Pantai ini enak dikunjungi saat sore hari menjelang matahari terbenam dan saat sore sambil menikmati makanan kecil dan minuman berupa pisang goreng, pisang eppe, jagung, teh/kopi, sarabba.  Disore dan malam hari juga dijadikan tempat rekreasi keluarga dan Kaum Muda maupun Remaja.

#AKAtrans Blora menyediakan layanan transportasi yang Aman dan Nyaman bagi anda yg berkepentingan dari maupun menuju ke Blora dan sekitarnya.

No comments:

Post a Comment