Friday 14 October 2016

WISATA KULINER YOGYAKARTA


“pulang ke kota mu.. ada setangkup haru dalam rindu..”masih seperti dulu..”

Siapapun pasti akrab dan tak asing dengan bait-bait tadi. Ya, siapa  yang bisa membantah eksotisme Yogyakarta? Salah satu Kota yang tetap mempertahankan budaya Jawa di tengah modernitas dunia ini selalu memiliki tempat istimewa di hati para pengunjungnya. Bagi yang sudah pernah berwisata Kota Sang Sultan ini, tentunya tetap memiliki harapan bisa berkunjung kembali nantinya.

Yogyakarta tak berhenti mempercantik kotanya dengan terus menambah jumlah tempat wisata. Tak hanya tempat wisata alam dan budayanya, Yogyakarta juga mampu menarik perhatian dengan kulinernya yang khas dan nikmat. Tak perlu bingung mencari tempat istimewa untuk bersantap di kota istimewa ini. Sedikit ulasan ini mungkin bisa jadi refrensi untuk kita, menikmati suasana yogya.. 

MANGGAR MANDING 

Seperti kita ketahui, bahwa  gudeg umumnya terbuat dari daging nangka muda, hal berbeda bisa kita temukan di Manggar Manding. Gudeg di sini terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Konon, gudeg manggar ini merupakan menu istimewa di kerajaan dahulu yang biasa disajikan dengan sayur krecek dan tempe bacem. Jadi, jika kita mencicipi gudeg manggar, berarti kita telah menikmati sajian istimewa para Raja. Konon, manggar memiliki khasiat yang sangat bagus karena bisa memancarkan kecantikan penikmatnya dari dalam. Tak mengherankan dahulu kala, gudeg manggar ini menjadi menu favorit para puteri kerajaan. 

KALIMILK YOGYAKART 

Kota lain sangat menjamur  dengan keberadaan coffee shop, akan tetapi hal lain terjadi di kota Yogyakarta. Di kota ini, kafe susu yang justru populer. Di Yogyakarta, terdapat banyak kafe yang menyajikan aneka produk olahan susu, salah satunya yang terkenal adalah Kalimilk.
Iya, Kalimilk memiliki sebutan unik bagi pelanggannya yaitu Neneners. Di sini, Neneners bisa mecicipi susu beragam rasa mulai dari cookies, durian, coklat dan aneka snack. Porsi yang ditawarkan adalah medium dan gajah. Untuk porsi gajah, pastikan sebelumnya kita telah mengosongkan perut karena porsi gajah benar-benar berukuran jumbo yang bisa bikin ‘’over dosis’ hehe..

Kalimilk yang berada di Jalan Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta, didesain semi outdoor dan tak menggunakan AC, melainkan hanya kipas angin. Meskipun demikian, kita tak perlu khawatir kepanasan, karena angin dari luar bisa masuk dan tentunya akan lebih sehat dibandingkan angin dari Air Conditioner. 

BONG KOPITOWN 

Spot kuliner Bong Kopitown ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner berkonsep penjara di kota Yogyakarta. Bangunan dibuat menyerupai penjara lengkap dengan sekat jeruji besi di setiap ruangan. kita bisa melihat sipir penjara yang berdiri di balik meja kasir dan narapidana yang hilir mudik mengantar pesanan ke setiap meja makan yang sudah tersedia.
Beberapa menu andalan yang ditawarkan di sini antara lain kopi tetes, sapo tahu, Penang fried noodle dan rendang spicy noodle. Begitu duduk di kursi, jangan kaget jika kita akan didatangi pelayan yang menyodorkan selembar ‘koran’ yang ternyata berisi daftar menu dan sejarah berdirinya rumah makan. Kita bisa meluncur ke lokasi, Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta. 

BANYU MILI COUNTRY CLUB 

Ternyata Tak hanya tempat wisata kuliner, tempat ini juga merupakan sebuah tempat rekreasi keluarga. Rumah makan ini memang berada satu lokasi dengan wisata air yang terdiri dari kolam renang, wahana air serta hutan dan danau buatan. Sebuah tempat rekreasi sekaligus wisata kuliner yang cocok bagi keluarga.

Setelah Puas bermain air, saatnya kita memuaskan lidah dan perut. Coba cicipi menu andalah di sini yaitu kepiting telur dan udang bakar madu. Kepiting dan udang yang digunakan merupakan hasil budidaya sendiri sehingga dipastikan masih segar saat dimasak. Menu lain yang tak kalah lezat adalah gurame bakar, ayam goreng dan juga cumi bakar. Penasaran..? segera meluncur ke Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5, Yogyakarta. Asyik.

HOUSE OF RAMINT 

Destinasi wisata kuliner yang berlokasi di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta ini, menjadi bukti bahwa menu tradisional bisa disajikan dengan cara yang elegan dan berkelas. House of Raminten merupakan sebuah rumah makan yang menyajikan menu tradisional Yogyakarta seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing dll. Dan desain Arsitektur rumah makan ini terbilang luar biasa. kita bisa menemukan sebuah kereta kuda di luar rumah makan, sedangkan di dalamnya kita bisa melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Seakan belum lengkap, kita akan makan diiringi dengan gending Jawa yang terus mengalun di rumah makan ini yang eksotis abis.

Juga Selain arsitektur dan menunya, pelayan di sini juga memakai pakaian khas yang berupa kemben Jawa. Di meja, terdapat sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan jika kita membutuhkan sesuatu dan dalam sekejap, kita sudah dilayani bak raja-raja dahulu kala..

SATE KLATHAK PAK PONG 

Destinasi wisata kuliner yang terletak di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta ini, sangat cocok sekali untuk kita penggemar sate kambing. Sate Klathak Pak Pong menyajikan sate spesial yang tak akan kita temukan di tempat lain. Sate ini memiliki rasa yang khas dan nikmat. Hal ini didapat dari bumbu sederhana yang digunakannya. Sate Klathak hanya menggunakan garam, merica dan kecap. Tiga bahan minimalis inilah yang membuat sate memiliki rasa yang khas dan lezat.

Adapun Selain bumbu, alat yang digunakan memasak pun berbeda. Jika biasanya daging dibakar dengan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, Pak Pong menggunakan jeruji besi sepeda. Konon, penggunaan jeruji besi ini mampu membuat daging matang merata. Selain itu, hal ini juga terbukti ramah lingkungan karena jeruji besi dapat digunakan berkali-kali, tak seperti tusuk sate dari bambu yang hanya sekali pakai lalu diibuang. 

GUDEG PAWON 

Saat kita Membicarakan wisata kuliner di Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika tak menyebut gudeg. Ya, Gudeg sudah menjadi kuliner wajib, jika kita berkunjung ke Yogyakarta. Kuliner yang terbuat dari daging nangka muda ini banyak ditemui di tempat makan di seluruh pelosok Yogyakarta. Jika ingin menyantap gudeg di tempat yang berbeda, datang saja ke Gudeg Pawon yang berada Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

Kuliner lezat Gudeg Pawon merupakan salah satu tempat wisata kuliner istimewa di Yogyakarta. Tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1958 ini melayani pelanggannya langsung dari dapur atau pawon dalam bahasa Jawa. kita bisa melihat tungku sederhana yang digunakan untuk memasak gudeg ini. Meskipun tempatnya sederhana, namun kenikmatan gudeg di sini bisa bikin lidah kita bergoyang. Hehe.. 

ANGKRINGAN LIK MAN 

Istilah Angkringan bukanlah sesuatu yang asing di Kota Pelajar ini. Angkringan tak hanya menjadi tempat kuliner rakyat yang murah meriah, namun juga menjadi sebuah budaya. Di angkringan, masyarakat bisa berkumpul dan berbincang tentang apa saja, mulai dari sepak bola sampai berita politik terhangat. Angkringan dapat dengan mudah Anda temui di Yogyakarta. Angkringan Lik Man merupakan angkringan pertama di Yogyakarta sejak tahun 1969. Menu yang disajikan pun sama dengan angkringan pada umumnya seperti sego (nasi) kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan. Tapi ada yang satu sajian yang berbeda, yaitu Kopi Joss!

Berlokasi di Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta. Menu andalan di tempat wisata kuliner ini adalah Kopi Joss . Cara penyajian kopi ini sangat unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara. Bunyi ‘jooossss’ yang ditimbulkannya inilah yang membuatnya disebut dengan Kopi Joss. Kopi Joss memiliki rasa unik yang khas dan tak dimiliki kopi lainnya. Konon, arang yang dicelupkan ke dalam kopi akan menetralisir kafein sehingga kopi ini aman untuk pencernaan Anda. Angkringan Lik Man merupakan salah satu tempat wisata kuliner terbaik untuk menikmati Yogyakarta di malam hari. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10.000 – 15.000 Rupiah saja, kita sudah bisa menikmati Kopi Joss dan nasi kucing dilengkapi dengan lauk sederhana yang sangat khas dan nikmat. 

#AKAtrans Blora, adalah solusi cerdas bagi anda yang butuh layanan transportasi yang Aman dan Nyaman..

No comments:

Post a Comment