TIPS

Untuk suasana liburan yang berbeda, bagaimana kalau Anda mencoba berwisata sendiri atau bersama keluarga. Traveling solo atau bersama keluarga menurut beberapa orang bisa berfungsi sebagai terapi, lho! Karena Anda mempunyai waktu untuk banyak merefleksikan diri dan hidup Anda, serta lebih menikmati perjalanan sebagaimana yang Anda mau. If you’re considering solo traveling, ada beberapa poin juga yang membuat travel solo atau bersama keluarga ini lebih bersahabat untuk budget Anda. Simak beberapa tips di bawah ini yuk!

·         Berburu tiket hemat di travel fair atau promo kejutan

Dengan meningkatnya animo masyarakat Indonesia untuk berwisata, setiap tahunnya ada 2-4 acara travel fair yang ramai diikuti oleh banyak agen wisata dan maskapai penerbangan. Jika Anda ingin mencari tiket hemat, travel fair ini bisa menjadi pilihan ideal. Selain itu, promo tiket kejutan pun kerap diadakan oleh beberapa maskapai penerbangan. Walaupun jumlah tiket yang ditawarkan pada promo dan acara semacam ini terbatas, karena Anda hanya berwisata sendiri, maka Anda bisa langsung mengambil keputusan dan memilih tanggal wisata Anda. No more missing the deal! Untuk Transportasi darat yang Aman dan Nyaman bisa Hub: #AKAtrans Blora (Recomended J)

·         Pertimbangkan opsi Couchsurfing atau home stay

Salah satu keuntungan lain berwisata sendiri adalah Anda bisa memilih tempat tinggal Anda sesuka hati. Jika Anda tertarik untuk mengeksplorasi daerah tujuan Anda layaknya warga lokal, Couchsurfing atau home stay bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan akomodasi yang lebih hemat dan lebih bermakna. Dengan tinggal bersama warga lokal, Anda mendapatkan pengalaman yang lebih insightfuldibandingkan dengan tinggal di hotel. Anda juga mendapatkan teman baru atau bahkan ‘keluarga’ baru. Tapi ingat, lakukan riset Anda dengan baik. Carilah reviewdari pengguna lain, dan buatlah keputusan yang matang.

·         Eat like locals

When you’re in Rome, act like a Roman. Demikian kata pepatah. Hal ini juga berlaku soal makanan, terutama jika Anda ingin lebih menghemat budget Anda. Mengapa memilih makanan lokal? Karena makanan yang dikonsumsi oleh penduduk lokal artinya memang makanan asli daerah tersebut, tidak membayar biaya ekstra untuk impor atau transport atau franchise. Selain itu juga makan layaknya penduduk lokal membuat Anda mendapatkan pengalaman yang unik, yang nantinya akan membuat perjalanan Anda lebih berkesan.

·         Atur sendiri ‘tur’  Kita

Walaupun membuat perjalanan Anda terasa lebih mudah, tetapi biaya mengikuti program city tour terkadang relatif mahal. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mengatur sendiri program tur Anda dengan bermodalkan peta, riset sebelumnya (di Trip Advisor atau Lonely Planet – misalnya), dan keberanian untuk menjelajah kota baru dan bertanya pada orang lain. Perjalanan seperti ini bisa membuat Anda menemukan tempat-tempat unik yang tidak banyak diketahui orang, melihat kehidupan kota tersebut dari sudut pandang lain, serta meningkatkan kepercayaan diri Anda ketika Anda sukses melakukannya!

Walaupun mungkin terdengar cukup menakutkan, tetapi salah satu hal yang menarik dari berwisata sendiri adalah tantangan yang Anda berikan pada diri Anda sendiri dan kejutan-kejutan kecil yang mungkin Anda temui di sepanjang perjalanan. Jadi, brace yourself, dan lakukan perjalanan solo Anda. Lagipula, seperti kata Mark Twain,“Twenty years from now you will be more disappointed by the things you didn’t do than by the ones  you did do. So throw off the bowlines, sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover.” Sumber: My Wealth

Happy traveling! :)