Saturday 24 June 2017

ANEKA WISATA GOA

Siapa yang tak tak takjub dengan Keindahan dan Eksotisme Alam Indonesia yang terbukti menghasilkan ribuan tempat wisata alami yang bisa disambangi. Nggak hanya pantai, gunung, dan lautan, Indonesia juga punya wisata alam goa yang sangat eksotis. Saking eksotisnya, beberapa wisata goa ini dinobatkan sebagai goa terindah di Asia Tenggara, bahkan salah satu yang terindah di dunia.
SEKUMPULAN GOA DI PANGKEP, SULSEL
Destinasi Wisata Goa yang satu ini memang nggak bisa disebut satu per satu layaknya objek wisata goa lainnya. Pasalnya di dalam kawasan karst yang membentang seluas 43.750 hektare ini terdapat 268 goa di dalamnya. Amazing! Kawasan karst ini terletak di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung membentang dari Kabupaten Maros hingga Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Pangkep. Gugusan karst berbentuk tower ini merupakan karst terbaik kedua setelah karst di Guangzhou, China.
GOA BARAT
Goa Barat terletak di Kecamatan Ayah, Kebumen. Goa Barat memiliki julukan masyhur sebagai Goa 100 Air Terjun. Meski belum pernah dihitung tepat, julukan Seratus Air Terjun itu bisa menyimbolkan bahwa jumlah air terjun di goa ini sangatlah banyak. Aneka air terjun ini berketinggian dari 0,5 hingga 10 meter. Air terjun ini menjadi jalur tirta dari mata air di kedalaman karst hingga keluar menjadi sungai di permukaan.
GOA PINDUL
Ternyata Selain Goa Jomblang, Yogyakarta punya satu goa lagi yang nggak kalah indah, yaitu Goa Pindul. Goa Pindul menawarkan sensasi berbeda ketika menjelajahi di dalamnya. Kita akan diajak menggunakan ban pelampung untuk menyusuri sungai yang terdapat di dalam goa. Aliran sungai ini akan membawa kita menelusuri goa dengan panjang 350 meter. Keindahan dinding goa, dan jernihnya air sungai membuat goa ini menjadi tempat favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Yogyakarta.
GOA MAHARANI
Obyek yang Terletak di Lamongan, Jawa Timur ini memiliki keindahan stalaktit dan stalagmit dalam Goa Maharani sudah diakui sebagai salah yang terunik di dunia. Hal ini karena stalaktit dan stalagmit di goa ini masih terus tumbuh dan memancarkan cahaya warna-warni saat terkena cahaya. Oleh karena keindahannya, tak jarang para wisatawan menyamakan goa ini dengan Goa Altamira di Spanyol, Goa Mamonth di Amerika Serikat, dan Goa Carlsbad di Prancis.
GOA SELARONG
Mungkin, Goa Selarong yang terletak di Bantul, Yogyakarta ini nggak memiliki pemandangan seindah goa lainnya. Namun sisi sejarah yang terdapat di Goa Selarong, menjadikan tempat wisata ini menarik untuk dikunjungi. Dalam sejarahnya, goa yang terbentuk di perbukitan batu padas ini digunakan sebagai markas gerilya Pangeran Diponegoro dalam Perang Jawa melawan tentara Hindia Belanda. Ketika itu Pangeran Diponegoro terpaksa pindah ke Goa Selarong setelah rumahnya di Tegalrejo, Yogyakarta diserang dan dibakar habis oleh Penjajah Belanda.
Selain sisi sejarahnya yang menarik, tempat wisata ini terletak di puncak bukit yang ditumbuhi banyak pohon rindang. Selain itu, di sekitar Goa Selarong juga terdapat pengembangan objek agrowisata dengan buah kelengkeng sebagai daya tarik utama.
GOA JAJAR
Goa Jatijajar adalah goa alam yang terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Goa ini terbentuk dari batu kapur dan ditemukan pada tahun 1802. Saat di dalam, kita  bisa melihat banyaknya ornamen stalaktit, stalagmit, dan tiang-tiang kapur. Di sisi lain kita juga bisa melihat delapan buah diorama dan 32 patung yang dipasang di dalam goa. Ke 32 patung tersebut menceritakan kisah tentang Raden Kamandaka yang dikemudian hari lebih dikenal sebagai Lutung Kasarung.
GOA GONG
Mungkin Kita sudah banyak yang tahu, bahwa Pacitan punya julukan sebagai Kota 1001 Goa karena banyaknya lokasi wisata goa di sana. Namun ada satu goa yang menjadi kebanggaan masyarakat Pacitan, yakni Goa Gong. Terletak di Desa Bromo, Kecamatan Punung, Pacitan, goa ini memiliki keunikan tersendiri yang nggak dimiliki goa lainnya. Suara khas seperti gong gamelan dari stalaktit dan stalagmit ketika dipukul akan menggema di dalam goa. Jadi selain panoramanya yang indah, goa ini juga bersuara dengan indah. Nggak salah kalau goa ini disebut sebagai yang terindah di Asia Tenggara.
GOA TABUHAN
Seperti kita ketahui, Selain Goa Gong, Pacitan juga memiliki Goa Tabuhan yang nggak kalah eksotis. Di dalam Goa Tabuhan, kita dapat menemukan seniman gamelan lokal memainkan alunan musik gamelan namun bukan menggunakan alat gamelan pada umumnya, melainkan menggunakan stalaktit dan stalagmit yang dipukul. Keindahan suaranya membuat kita sulit percaya jika suara yang dihasilkan berasal dari batuan yang tercipta dari proses alam selama ribuan tahun
GOA PETRUK
Goa Petruk yang menawarkan eksotisme tersendiri. Di dalam goa ini Kita bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang memiliki bentuk beraneka ragam. Goa dengan tiga tingkat ini memiliki dinding yang basah dan lembab serta terdapat sungai yang mengalir di dalamnya.
GOA JOMBLANG
Tak ada yang memungkiri bahwa Yogyakarta memang memiliki banyak sekali wisata alam yang memesona. Kali ini lewat wisata goa, Yogyakarta menawarkan sebuah keindahan goa lewat Goa Jomblang. Goa yang terletak di Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta ini dikenal sebagai salah satu goa jenis vertikal paling indah di Indonesia. Karena berbentuk vertikal, kita yang ingin menjelajah diharuskan menggunakan peralatan caving vertikal dengan teknik single rope dan instruktur yang berpengalaman.
Don’t Worry, karena semua perjuangan akan terbayar ketika kita tiba di dasar goa. Kita akan takjub melihat hutan purba yang tumbuh rimbun di bawah sana. Ditambah lagi cahaya matahari yang menerobos masuk ke dalam goa, menambah keindahan goa ini.
#AKAtrans Blora, menyediakan layanan transportasi yang Aman dan Nyaman. Murah, Mudah dan Menyenangkan.

No comments:

Post a Comment