Tuesday 7 February 2017

WISATA KULINER PATI


Saat kita sedang berkunjung ke Kabupaten Pati yang merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang terletak di sisi Pantura.. dan Sebagian besar lokasi Kabupaten Pati merupakan dataran rendah. Untuk Pati selatan (perbatasan dengan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora) ada serangkaian Pegunungan Kapur Utara. Sisi barat laut (perbatasan dengan Kabupaten Kudus juga Kabupaten Jepara) berbentuk perbukitan. Sisi timur berbatasan dengan Kabupaten Rembang. Sungai paling besar yaitu Sungai Juwana, yang bermuara di daerah Juwana.

Adalah Pati yang memiliki banyak aneka kuliner khas yang yummy.. nah, saat kita jalan-jalan ke pati jangan lupa untuk singgah ke spot wisata kuliner khas pati. Dan baru baru ini kuliner khas pati ada yang lagi trend diantaranya ialah Mangut Ndas Manyung, Soto Kemiri, Petis Kambing Runting, Kotokan Gereh Tongkol serta Nasi Tewel, Nasi Gandul dll.:

GETHUK RUNTING

Kuliner jajanan khas gethuk runting ini memakai bahan dasr singkong, Singkong yang awalnya dikukus sampai matang. lalu ditumbuk sampai halus serta diberi tambahan dengan sedikit garam untuk memberikan rasa gurih pada getuk ini. Getuk ini biasanya di sajikan dengan penambahan taburan kelapa parut serta serundeng atau di celup gula merah. Lalu dibungkus dengan daun pisang. Hmm..

PETIS KAMBING RUNTING

Selanjutnya ada Petis kambing runting, kuliner ini adalah gabungan masakan daging kambing. bila dilihat Sepintas serupa seperti gule. lantaran kuahnya hijau bersantan. Tetapi yang jadikan lain adalah kuahnya bercampur tepung beras serta rebusan daging yang telah lebur. hingga makanan khas yang satu ini banyak butiran kenyal hangat yang lumer saat kuah telah masuk kedalam mulut. Rasa kuahnya itu sangat gurih dan sedap.

SOTO AYAM KEMIRI

Soto kemiri ! ya, Soto unik ini berasal dari desa Kemiri, kemiri adalah salah satu desa di Kabupaten Pati yang terdapat di samping utara terminal pati. hingga nama soto di namai sesuai sama dari daerah aslinya, soto kemiri ini memiliki ketidaksamaan dalam soal pembuatannya, soto kemiri ini di buat lewat cara mengopyok seluruhnya bahan yang bakal di sajikan. Lewat cara pembuatan seperti ini, hal itu yang jadikan kekhasnya, Soto kemiri ini biasanya di sajikan dengan ayam goreng yang garing atau gorengan lainya seperti Tempe, perkedel dll.

NASI TEWEL

Yang ini ialah Nasi tewel,  yang merupakan nasi serta sayur nangka muda (tewel, gori, cecek). Lalu di sajikan dengan piring yang dilapis daun jati. Hingga aroma khas daun jati yang terhirup berbarengan aroma tewel jadikan khasnya mkanan ini. Dengan rasa sedikit pedas juga berikan sensasi sendiri. Sego tewel ini disajikan cuma dengan lauk tempe goreng serta bakwan. Sangatlah simpel namun “Ngangenni”

NASI GANDUL

Kata Gandul sendiri itu punya arti menggantung. Pikulan itu naik-turun bersamaan dengan langkah si penjual. selain itu, ada versi lain yang mengatakan perihal nasi gandul, yakni nasi yang gemandul, dengan kata lain tak melekat pada piringnya. Lantaran waktu kita beli nasi gandul itu piringnya diberi susunan daun pisang diatasnya, hingga jadikan merasa lebih khasnya serta lebih nikmat karenanya ada aroma daun pisang.

#AKAtrans Blora, yang selalu menyediakan layanan transportasi yang Aman dan nyaman..

No comments:

Post a Comment