Sunday 2 October 2016

WISATA KOTA TUBAN


Saat kita melintasi jalur utama pantai utara (Pantura) yang berada di kawasan Tuban dan sekitarnya, tak ada salahnya kalau kita mencoba untuk menikmati beragam destinasi wisata yang berada di kabupaten Tuban ini. berikut sedikit ulasan sekedar buat refrensi untuk kita baca sebelum meluncur menuju spot-spot wisata tersebut.

PANTAI PASIR PUTIH REMEN

Destinasi Pantai ini tergolong sebagai spot wisata yang baru dikenal oleh masyarakat luas, berada di desa Remen pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang masih sangat alami. Hamparan pasir putih yang luas dan sedikit cekung akan kita temukan di lokasi pantai ini. di sekitar pantai ini juga bisa kita temukan pepohonan yang memberikan suplay udara segar. Karena belum banyak dikenal oleh masyarakat di sekitar pantai masih sulit ditemui adanya warung makan oleh sebab itu, untuk mengantisipasinya kita bisa menyiapkan bekal dari rumah. Sebagai pengganti kuliner.

 MUSEUM KAMBANG PUTIH

Museum ini adalah sebuah lokasi wisata sejarah yang akan sangat menarik jika dikunjungi bersama teman maupun anak-anak. Museum Kambang Putih adalah museum kebanggaan warga Tuban, di dalamnya para pengunjung bisa melihat berbagai macam barang-barang bersejarah. Jika kita ingin melihat model dan warna dari uang kuno, maka museum Kambang Putih telah menyiapkannya untuk para wisatawan yang tertarik dengan hal-hal tersebut. disini kita juga bisa menjumpai beberapa jenis wayang golek yang  juga merupakan benda-benda kuno. Lokasi museum Kambang Putih tidak jauh dari Masjid Agung Tuban, sehingga sangat mudah ditemukan. Museum ini menerima kunjungan pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 07:00 – 14.000 sedangkan pada hari Senin, museum Kambang Putih tidak bisa menerima kunjungan karena mungkin akan dilakukan proses pembersihan atau perawatan.

PANTAI KELAPA

Adalah Pantai Kelapa, pantai yang masih belum dimaksimalkan potensinya oleh pemerintah daerah Tuban, bahkan untuk masuk ke area ini para pengunjung tidak perlu membayar serupiahpun sebab memang belum ada yang mengelolanya. Padahal potensi wisata pantai Kelapa ini sangat menarik untuk dikembangkan, karena pemandangan yang ada di pantai ini sangatlah indah. saat menjelang sore warga sekitar banyak yang mendatangi pantai Kelapa ini untuk mencari udara sejuk dan tentunya melihat sinar keemasan saat matahari tenggelam (sunset).

Lokasi pantai ini terdapat di Desa Panyuran, Kecamatan Palang. Saat berada di lokasi pantai ini kita akan melihat banyak nelayan yang beraktivitas dan membawa hasil tangkapan ikan yang masih segar. kita pun bisa membeli ikan segar di pantai Kelapa ini untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga dirumah.

GOA AKBAR

Goa Akbar adalah destinasi  wisata alam sekaligus wisata religi yang ada di kota Tuban. Menurut sejarah, goa ini dulunya adalah tempat sunan Kalijaga untuk melakukan ibadah dengan lebih fokus. Berlatar belakang sejarah tersebut, goa Akbar selalu menjadi daftar kunjungan bagi umat Islam yang sedang melakukan perjalanan religi. Meskipun demikian, Goa Akbar juga bisa dikunjungi oleh selain umat muslim yang ingin melihat keindahan stalakmit dan stalaktit dari goa ini. di dalam goa tersebut sudah terdapat penerangan untuk membantu para pengunjung dalam menikmati suasana yang ada di dalam goa. Di dalamnya juga terdapat mushola lengkap dengan area untuk mengambil air wudlu, jika ingin mencoba suasana beribadah di dalam goa, maka goa Akbar adalah pilihan yang sangat tepat. Karena di dalam goa maka medannya cukup licin sehingga kita harus berhati-hati saat melintasinya.

PANTAI BOOM

Destinasi selanjutnya ialah Pantai Boom. Pantai ini menjadi spot wisata bahari yang kesekian yang ada di kota Tuban ini. Pantai boom  letaknya yang tidak jauh dari kota membuat pantai Boom menjadi lebih mudah untuk dijangkau. Pada zaman kerajaan Majaapahit, Pantai Boom digunakan untuk lokasi pelabuhan. Kini pantai ini menjadi terlihat begitu rapi dan indah serta dukungan fasum yang semakin lengkap seperti gazebo, taman dan warung makan.

GOA NGERONG

Berikutnya adalah wisata alam  Goa Ngerong. Spot wisata ini merupakan kawasan wisata alam yang tidak seperti jenis-jenis goa lainnya. Jika pada umumnya goa ditelusuri dengan berjalan kaki maka untuk goa Ngerong harus dilalui dengan berenang atau dengan menyewa perahu. Di dalam goa terdapat banyak ikan dan juga kura-kura putih, kita bisa berinteraksi dengan para hewan hewan tersebut, bahkan akan merasa senang jika kita membawakan makanan untuk mereka. Goa Ngerong berada di sekitar bukit kapur, namun airnya tetap aman untuk digunakan berenang. Jika anda tidak ingin berenang ataupun masuk ke dalam goa, maka duduk di sekitar goa Ngerong juga sudah dapat membuat kita merasa takjub dengan eksotisme alam.

PANTAI SOWAN

Pantai Sowan yang ada di kota Tuban ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena di pantai ini kita tidak akan merasakan panasnya udara pantai, sebab di sekeliling pantai terdapat banyak sekali pepohonan yang rindang dan sangat menyejukkan udara sekitarnya. Selain itu ombak di pantai ini juga cukup tenang sehingga tidak membuat para pengunjung merasa was-was, sangat tepat untuk dijadikan lokasi wisata bagi mereka yang ingin merasakan ketenangan. Di sepanjang bibir pantai terdapat bebatuan ataupun karang yang semakin memperindah tampilan dari pantai Sowan. Dari kota Tuban anda harus menempuh jarak 40 km dan membutuhkan waktu setidaknya 1.5 jam perjalanan. Harga tiket masuk ke lokasi pantai ini adalah Rp 3.000; untuk satu orang dewasa.

AIR TERJUN NGLIRIP

Air terjun Nglirip adalah salah satu lokasi wisata yang terkenal di kota Tuban, yang pasti menjadi daya tariknya adalah suasananya yang sejuk dan pemandangan yang indah. di lokasi air terjun ini kita tidak akan merasa terlalu dingin ataupun udara yang lembab, karena tempatnya yang terbuka dan bisa mendapatkan sinar matahari secara penuh. Dengan ketinggian 30 meter, arus air terjunnya tidak terlalu kuat sehingga tidak membuat kulit terasa sakit jika berada di bawahnya langsung. Air terjun ini berasal dari hutan Krawak yang berlokasi di sekitar air terjun tersebut. Lokasi air terjun Nglirip terletak di desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Tuban. Meskipun termasuk wisata alam yang jauh dari perkotaan, namun di sini kita masih bisa menemukan warung makanan yang siap menyiapkan menu istimewa untuk para pengunjung.

#AKAtrans Blora, menyediakan layanan transportasi yang Aman dan Nyama. Murah, Mudah dan Menyenangkan..

No comments:

Post a Comment