Saturday 1 October 2016

WISATA KULINER LAMONGAN



Lamongan, ya lamongan.. siapapun penikmat kuliner nusantara pasti tak asing dengan kuliner khas lamongan. Apabila kita sedang berada di Jawa Timur, maka jangan lupa kita untuk mengunjungi kabupaten Lamongan. Selain memiliki banyak objek tempat wisata, daerah ini juga mempunyai kuliner khas tersendiri. Makanan yang enak di mulut dan kenyang perut, yang tentu saja tidak menguras kocek kita terlalu dalam. Tertarik? Mari kita bedah satu persatu.. 

TAHU CAMPUR LAMONGAN

Makanan pedes ini termasuk salah satu yang menjadi icon untuk kuliner Lamongan. Namun di provinsi Jawa Timur makanan ini sudah tersebar dan dapat dijumpai dibanyak tempat. Bahannya sama seperti lainnya, namun yang berbeda adalah ditambah dengan perkedel dari singkong, serta kuah yang terbuat dari bumbu petis dengan ditambah dengan bawang putih, sehingga menimbulkan rasa gurih ketika dimakan. Yummy..

SOTO LAMONGAN

hmm.. Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa soto ini merupakan masakan khas dari Lamongan. Yang membuatnya berbeda dari yang lain adalah adanya koya. Koya adalah serbuk yang dihaluskan dari kerupuk udang, ebi serta bawang yang telah digoreng.  Dengan kuah yang kental membuat soto ini terasa gurih dan sangat nikmat. Soto ini biasa akan disajikan bersama nasi, tinggal dipilih mau langsung dicampur atau dipisahkan, tergantung selera kita.

BANDENG COLO-COLO

Kuliner ini Berbeda dengan bandeng ikan pada biasanya, bandeng colo-colo memiliki sambal yang pedas dan masam karena dicampur dengan jeruk nipis. Yang special adalah bandeng ini akan dimasak lagi dengan sambal yang diberikan jeruk nipis yaitu setelah digoreng terlebih dahulu. Masakan ini dapat kita temukan di seantero lamongan

WINGKO BABAT

Makanan nikmat Wingko babat merupakan jajanan yang terbuat dari kelapa sebagai bahan utama. Kata babat merupakan nama salah satu kecamatan di kab. Lamongan, karena kue ini dibuat di sana untuk pertama kalinya. Pengunjung sering menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh. Makanan yang memiliki bentuk seperti lingkaran (kadang juga kotak) ini memiliki rasa gurih dan juga keharuman aromanya yang membuat kita tergiur untuk mencobanya.

NASI BORANAN

Dibanding soto lamongan, kuliner yang satu ini belum banyak diketahui oleh orang luar Lamongan. Makanan ini diambil dari kata boran yang merupakan tempat meletakkan nasi yang dibuat dengan menggunakan ayaman bambu. Makanan ini juga biasanya dijajakan secara lesehan dan memberikan gambaran tradisional masyarakat. Nasi boranan adalah paket lengkap dimana terdapat nasi yang bumbu, kerupuk yang dibumbui, urap, sambal serta yang terpenting adalah lauk. Lauk yang disediakan di sini sangat bervariasi, tergantung yang diinginkan dan juga memiliki harga yang beda pastinya.

#AKAtrans Blora, pilihan cerdas bagi anda yang membutuhkan layanan transportasi yang Aman dan Nyaman.

No comments:

Post a Comment