Tuesday 11 October 2016

WISATA KOTA MAKASSAR


Adalah kota Makassar, yang dahulu bernama Ujung Pandang, sebuah kota terbesar di kawasan Indonesia bagian Timur. Dan Kota ini pula yang menjadi pintu menuju petualangan  seru ke dataran tinggi Tana Toraja di Sulawesi Selatan dengan budaya masyarakatnya yang eksotis nan mengagumkan. Sudah Sejak masa lampau, Makassar telah dikenal seantero dunia sebagai salah satu pelabuhan laut tersibuk di Nusantara. Tak heran Sejak abad ke-14, banyak kapal dagang dari China, India, dan Kamboja melakukan transaksi bisnis. Lalu Bangsa Eropa mulai masuk ke kawasan Makassar ini pada abad ke-16 kemudian menyebar keseluruh pelosok celebes.

Berikut  sedikit refrennsi tentang kota metropolis, makassar. Kota yang menyimpan begitu banyak destinasi wisata ini.

BENTENG SOMBA OPU

Bentuk dan Arsitektur benteng ini segi empat, dengan panjang 2KM, berketinggian 7-8 meter, dan ketebalan dinding benteng mencapai 3.6 meter. Konstruksi yang sangat kokoh dari Benteng Somba Opu adalah sebuah sistem pertahanan yang kuat, mengingat benteng ini adalah pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah yang ramai dikunjungi pedagang asing dari Asia dan Eropa pada masa lalu.

Sampai  saat ini, pemugaran benteng masih dilakukan oleh pemerintah sebagai salah satu upaya pelestarian sejarah yang mengagumkan pada masa lampau di Sulawesi Selatan. Di dalam kawasan benteng ini, telah dibangun berbagai rumah adat tradisional dari semua suku bangsa di Sulawesi Selatan. Setiap rumah adat dibentuk secara artistik dan unik yang menggambarkan kekhususan filosofi budaya dari tiap-tiap suku bangsa di Sulawesi Selatan ini.  Destinasi wisata di Makassar yang satu ini memiliki sebuah meriam legendaris yang dinamakan dengan “Baluwara Agung”, berukuran panjang 9 meter dan berbobot 9.500 kg, serta juga terdapat museum yang berisi benda-benda bersejarah peninggalan Kesultanan Gowa.

Then... Di dalam kawasan benteng ini, kita juga akan menemukan taman satwa dan waterboom yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung, terkenal dengan sebutan Gowa Discovery Park. Untuk dapat masuk ke Gowa Discovery Park.

KEBUN TEH MALIINO

Agro wisata Kebun Teh Malino adalah sebuah destinasi wisata yang populer di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan. Ternyata Inilah kawasan “Puncak“-nya Sulawesi Selatan. Terletak secara administratif dalam wilayah Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, pesona tempat wisata di Sulawesi Selatan yang satu ini terletak pada suasana alam yang menyegarkan dengan udara yang begitu sejuk. Berjarak sekitar 90KM dari kota Makassar, kita dapat tiba di kota Malino dalam waktu kisaran 2-3 jam perjalanan  normal.

Bahkan Kota Malino ini terkenal dengan sebutan “Kota Bunga”, memiliki sejumlah objek wisata menarik, seperti air terjun seribu tangga, air terjun Takapala, lembah biru, bunker peninggalan Jepang, dan Gunung Bawakaraeng. Tetapi, jika kita pergi ke sebuah perkebunan teh yang dikelola oleh korporasi Malino Highlands, inilah pengalaman seru menyusuri kebun teh seluas 200 hektar sembari menikmati udara sejuk dan segar. Jika kita singgah ke sebuah cafe di puncak perkebunan ini, menikmati sajian teh hijau Malino adalah sebuah pengalaman yang mengesankann.

FORT ROTTERDAM

Spot wisata Makassar  yang satu ini berada di tepian pantai arah Barat kota Makassar, persisnya terletak di Jln. Ujung Pandang. Fort Rotterdam adalah sebuah benteng warisan dari Kerajaan Gowa, dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa X, dan saat ini kerap juga disebut sebagai Benteng Ujung Pandang yang merupakan nama benteng sebelumnya.

Pada masa lalu, tatkala Belanda ingin menaklukkan Kerajaan Gowa agar armada dagang VOC dapat masuk dan merapat dengan mudah di Sulawesi, benteng ini digempur selama setahun. Akhirnya Belanda berhasil masuk serta menghancurkan rumah Raja dan seisi benteng. Pihak Belanda memaksa Sultan Hasanuddin untuk menandatangani Perjanjian Bongaya pada tahun 1667, dimana salah satu pasalnya mewajibkan Kerajaan Gowa menyerahkan benteng kepada Belanda. Setelah diserahkan, benteng dibangun dan ditata kembali sesuai dengan arsitektur Belanda yang kemudian namanya diubah menjadi Fort Rotterdam. Pada masa itu, Fort Rotterdam digunakan sebagai pusat pemerintahan dan penampungan rempah-rempah di wilayah Indonesia Timur.

Aura yang sejarah dan Pesona benteng ini terletak pada keberadaan Museum La Galigo yang menyimpan sekitar 4.999 koleksi. Pada koleksi Etnografi, muesum ini memiliki berbagai jenis hasil teknologi, kesenian, peralatan hidup, dan benda lain yang dibuat dan digunakan oleh suku Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja. Hingga sekarang, tempat wisata di Makassar yang satu ini telah menjadi pusat kebudayaan Sulawesi Selatan.

PULAU SAMALONA

Area wisata ini Memiliki luas area sekitar 2,34HA, destinasi wisata di Makassar yang satu ini adalah wisata bahari yang favorit dikunjungi traveller, baik domestik maupun mancanegara. Pulau Samalona memiliki pesona yang begitu memikat pada ikan tropis dan biota laut, oleh karenanya menjadi sebuah destinasi snorkel di Makassar yang menarik untuk dikunjungi. Laut yang jernih serta hamparan pasir putih adalah daya tariknya yang menawan dan menantang.

Sekitaran Berjarak 6,8KM dari kota Makassar, Kita dapat tiba di Pulau Samalona ini dengan menggunakan speed boat dalam durasi waktu kira-kira 20-30 menit-an. kita bisa berangkat dari sebuah dermaga di dekat Losari atau memulai perjalanan dari dermaga yang dekat dengan Fort Rotterdam. kita perlu juga tawar-menawar agar bisa mendapatkan tarif sewa kapal yang murah meriah. Kita akan dapat pengalaman menyelam yang seru di tempat ini, menikmati panorama sunset di tepian pantai di Pulau Samalona adalah sebuah hal lainnya yang patut kita rasakan. Bermain-main di tepian pantai dengan hamparan pasir putih adalah cara yang populer dilakukan para penikmat perjalanan di tempat wisata Makassar yang satu ini. Mushola, toilet, saung, dan rumah makan adalah beberapa fasilitas publik yang tersedia di pulau Samalona juga kita dapat menyewa penginapan di pulau ini.

PANTAI LOSARI

Sejak dari dahulu, Inilah ikon dari Kota Makassar. Pantai Losari adalah sebuah tempat wisata di Makassar dengan panorama sunset yang memikat. Dibarengi dengan hembusan sepoi angin pantai serta debur ombak laut, suasana bersantai di Pantai Losari menjadi begitu mengesankan. Dengan lokasinya yang terletak di jantung kota Makassar, pantai Losari ini telah menjadi destinasi favorit bagi siapapun yang baru pertama kali menginjak kota Makassar ini.

Ada banyak Suguhan kuliner pisang epe adalah salah satu yang disukai banyak wisatawan di tempat ini, di samping pula ada sejumlah makanan khas Makassar lainnya seperti pallu butung, pisang ijo, sop konro, coto makassar, dll. Jika kita suka, tersedia pula hidangan masakan laut yang masih segar yang dapat kita pesan. Jika ingin berkesan unik, kita bahkan dapat mencoba menikmati sajian makanan laut di Pantai Losari ini dengan memasuki sebuah resto terapung yang menggunakan kapal tradisional suku Bugis Makassar, yakni Phinisi yang melegenda itu.

PULAU KODINGARENG KEKE

Jarak Pulau Kodingareng Keke sekitar 14 km dari kota Makassar, merupakah sebuah pulau yang tak berpenghuni. Daya pikat utama tempat wisata Makassar yang satu ini adalah pada air lautnya yang jernih dan bergradasi mulai dari warna biru muda, toska, hingga biru tua. Juga,  alam bawah laut yang mempesona dengan aneka biota laut yang indah. Inilah juga salah satu tempat menyelam di Makassar yang disukai banyak pecinta snorkeling nusantara.

Akan tetapi Di Pulau Kodingareng Keke ini, tidak tersedia fasilitas publik seperti halnya yang ada di Pulau Samalona. kita harus membawa perbekalan makanan dan minuman jika ingin menikmati pesona indah pulau di Makassar ini. Lazimnya, para wisatawan datang terlebih dahulu ke pulau ini sebelum menjejakkan kaki di Pulau Samalona. Sebab, pada umumnya kapal atau speed boad yang kita sewa akan menawarkan kunjungan pada kedua spot wisata  ini.

TRANS STUDIO MAKASSAR

Trans Studio ini Berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar dengan ketersediaan 21 wahana seru dan menarik, tempat wisata di Makassar yang satu ini adalah destinasi paling favorit yang diminati banyak penikmat perjalanan, khususnya di kawasan bagian Timur Indonesia.

Ternyata, Sebelum Trans Studio Bandung berdiri, inilah theme park indoor terbesar di Indonesia dan juga di dunia. Ini pula salah satu destinasi wisata keluarga paling menarik di Sulawesi. Taman hiburan ini terbagi atas empat kawasan dengan tema yang berbeda, yakni Studio Central (bertema Hollywood), Lost City (bertema petualangan), Cartoon City (dunia kartun), dan Magic Corner (sentuhan magis). Dengan Beraneka ragamnya wahana permainan dan hiburan, suasana nyaman dengan AC yang begitu sejuk, serta ketersediaan aneka resto dan cafe di sana membuat banyak orang suka menghabiskan liburannya bersama keluarga dan para sahabat di Trans Studio Makassar ini. Kawasan trans studio ini sejatinya bukanlah hanya sebatas tempat wahana permainan saja.

Lokasi Trans Studio Mall ini di kawasan Tanjung Bunga Makassar, berjarak dekat dari Pantai Losari yang telah melegenda sebagai ikon kota Makassar.

#AKAtrans Blora, menyediakan layanan yang Murah,  Mudah, Aman dan Nyaman bagi anda yang butuh tranportasi untu bisnis maupun  wisata  dll.


No comments:

Post a Comment