Monday 3 October 2016

WISATA KOTA MAGETAN


Hanya ada satu kota yang ber ‘tageline’ The Nice of Java, ya, Magetan! sebuah Kabupaten yang berada di Propinsi Jawa Timur ini memang menyenangkan. Berhawa sejuk dan ramah untuk semua orang. Punya ‘side tageline’ Juga untuk kabupaten ini adalah 'Kota Kaki Gunung'.

Posisi Kabupaten Magetan memang berada di kaki dan lereng Gunung Lawu. Salah satu jalur pendakian paling terkenal dan legendaris di Gunung Lawu, Cemoro Sewu, berada di wilayah Kabupaten Magetan.

Untuk kita para pecinta alam, Gunung Lawu jelas menjadi destinasi wisata utama yang bisa dikunjungi di Magetan. tapi, Gunung Lawu bukanlah satu-satunya tempat wisata yang bisa kita kunjungi di Magetan. Masih ada beberapa tempat wisata lain di Magetan yang akan membuat kita kangen untuk ke sana lagi. Inilah sedikit ulasanya.

CEMORO SEWU

Mari kita mulai dari ujung barat Kabupaten Magetan. Lokasi dan keberadaan Cemoro Sewu merupakan bagian paling ujung barat Kabupaten Magetan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar. tempat ini berada di persis sebelah timur gapura perbatasan Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cemoro Sewu merupakan kawasan wisata bertema alam pegunungan yang terkenal memilik hawa sangat dingin. Dari sini, kita bisa menyaksikan deretan bukit yang berada di sebelah selatan Gunung Lawu. Cemoro Sewu juga sekaligus menjadi salah satu base camp strategis pendakian Gunung Lawu.
Nampak Deretan warung yang menjual berbagai jajanan  bisa kita temukan di sepanjang jalan di Cemoro Sewu. Menikmati udara dingin Cemoro Sewu sambil menikmati jagung bakar atau pentol bakso akan menjadi pilihan menarik.

TAMAAN RIA MAOSPATI

Spot wisata Taman Ria Maospati atau juga sering disebut dengan Taman Ria Kosala Tirta merupakan sebuah taman yang berada di Desa Pandean, Kecamatan Maospati. Magetan. Lokasi taman ini berada tak jauh dari pangkalan bandara milik TNI AU yakni Iswahyudi. Suasana rindang yang ada di sekitar taman serta keberadaan beberapa wahana bermain membuat  taman  ini menjadi salah satu tempat favorite keluarga di Magetan untuk menghabiskan waktu bersama-sama.

CANDI SADON

Oleh kalangan masyarakat setempat candi ini juga sering disebut dengan Candi Reog karna terdapat dua arca yang bentuknya mirip barong yang biasa kita lihat pada pertunjukan seni reog. walau hanya meyisakan reruntuhan dan bukan merupakan candi utuh, Candi Sadon merupakan salah satu tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi, terutama bagi para penggemar wisata sejarah. Tak banyak informasi mengenai situs purbakala ini. tetapi, candi ini diperkirakan merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Majapahit yang pernah berkuasa di wilayah Jawa Timur. Lokasi candi ini berada di Dusun Sadon, Desa Cepoko, Kecamatan Panekan, Magetan.

BENDUNGAN GONGGANG

Seperti bendungan-bendungan pada umumnya, fungsi utama Bendungan Gonggang adalah untuk sarana irigasi. Daerah yang di-cover oleh bendungan ini adalah Kecamatan Poncol, Kecamatan Parang dan Kecamatan Lembeyan. Namun, waduk ini juga menjadi salah satu tempat yang menarik untuk wisata. Meski belum dikembangkan secara serius oleh Pemda Setempat. View Pemandangan alam pegunungan yang ada di sekitar bendungan merupakan daya tarik utama dari Bendungan Gonggang. Lokasi bendungan ini sendiri berada di Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

AIR TERJUN TIRTASARI

Kira-kira Berjarak sekitar 2,5KM arah barat daya dari Telaga Sarangan, kita akan menemukan sebuah air terjun yang sangat sayang jika kita lewatkan begitu saja. Namanya adalah Air Terjun Tirtasari. Tak terlalu terkenal, memang. Namun air terjun ini juga punya pesona yang akan membuat kita merasa nyaman berada di dekatnya. Air Terjun Tirtasari memiliki tinggi sekitar 50M. Tumpahan air terjun mengalir melalui sebuah parit yang bertingkat-tingkat. Terdapat sebuah tanda yang dilengkapi pembatas besi untuk memudahkan pengunjung mendekat ke air terjun indah ini.

TELAGA SARANGAN

Menyusuri jalan berkelok sekitar 2KM dari Cemoro sewu, kita akan menemukan sebuah telaga cantik yang sekaligus merupakan tempat wisata terkenal di Magetan. adalah Telaga Sarangan. Telaga ini berada di kaki Gunung Lawu. Dari sini, kita bisa melihat pemandangan puncak Gunung Lawu yang terlihat sangat megah. Telaga Sarangan tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Gerombolan wisatawan serta para pedagang tumpah ruah di telaga ini.

Spot wisata Telaga Sarangan memiliki luas sekitar 30HA dengan kedalaman maksimal mencapai 28M. Salah satu kegiatan paling menarik yang bisa dilakukan di telaga ini adalah menikmati kuliner sate kelinci sambil memandangi  indahnya telaga. Perahu motor serta sepeda air akan banyak berlalu lalang di Telaga Sarangan. Kita juga bisa menikmati keindahan telaga dengan menyewa sepeda air atau perahu motor yang banyak disewakan di sekitar telaga ini.

PUNCAK GUNUNG LAWU

Puncak Gunung Lawu adalah salah satu tempat wisata bertema alam paling terkenal di Magetan dan sekitarnya. Gunung Lawu ini sendiri sejatinya berada di antara wilayah Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah) dan Magetan (Jawa Timur). Akan tetapi, puncak gunung ini masuk dalam wilayah Magetan. Gunung Lawu memiliki beberapa puncak dengan puncak paling tinggi dikenal dengan sebutan Hargo Dumilah. Pemandangan di sekitar puncak Gunung Lawu  tak perlu dipertanyakan lagi. Indahnya tak terkira. Konon sunset-nya menjadi yang terbaik diantara gunung yang lainya.

Ada Padang rumput hijau, gumpalan awan putih serta bunga-bunga edelweis adalah sedikit dari banyak keindahan yang akan kita dapatkan di sekitar puncak Gunung Lawu ini

AIR TERJUN PUNDAK KIWO

Ada tempat wisata lain yang bisa kunjungi yakni Air Terjun Pundak Kiwo. Yang berada di Kecamatan Plaosan yang berada di kaki Gunung Lawu. Tak cuma satu, di kawasan air terjun ini ada tiga air terjun sekaligus. Mereka adalah Air Terjun Watu Ondo (paling bawah), Air Terjun Jarakan serta Air Terjun Pundak Kiwo yang lokasinya berada paling atas. Lokasi ketiga air terjun ini berada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan dengan ketinggian sekitar 1.476 meter diatas permukaan laut. Ketiga air terjun tersebut memiliki tinggi yang berbeda-beda. Air Terjun Watu Ondo merupakan air terjun yang paling kecil dengan tinggi sekitar 10 meter. Masing-masing air terjun berjarak sekitar 200 meter. Suasana di ketiga air terjun tersebut masih sepi banget. Tipikal tempat yang ideal untuk mencari ketenangan jiwa.

TELAGA WAHYU

Juga Masih di sekitaran kaki Gunung Lawu. Ada telaga lain yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi. Namanya adalah Telaga Wahyu. Lokasi telaga ini sebenarnya masih di kecamatan yang sama dengan Telaga Sarangan yakni Kecamatan Plaosan. Namun namanya memang jarang terdengar. Telaga ini lebih terkenal di kalangan mancing mania. Jika kita juga suka memancing, tempat ini adalah tempat yang sangat cocok untuk kita nikmati. 

#AKAtrans Blora, solusi cerdas bagi anda yang membutuhkan layanan transportasi  yang murah, mudah dan menyenangkan sekaligus Aman dan Nyaman.

No comments:

Post a Comment