Monday 26 September 2016

WISATA MUSEUM DIRGANTARA YOGYAKARTA


Museum Dirgantara yang berada di Yogyakarta merupakan salah satu dari sekian banyak museum yang ada di kota bersejarah ini. Kalau Dilihat dari namanya, Museum Dirgantara Mandala TNI-AU, kita semua sudah bisa membayangkan apa saja benda benda yang akan kita jumpai di museum ini. Ya, kita akan menemukan sejumlah benda sejarah tentang kedirgantaraan Nusantara.

Museum Dirgantara ini merupakan tempat wisata di Jogja yang bisa ditempuh dengan menggunakan bus transjogja 1A atau 1B. Lalu Turun di shelter Janti dan kemudian bisa berjalan kaki, naik ojek  atau becak sekitar kurang lebih 500 meter-an. Sebelum kita masuk ke bangunan utama museum dirgantara, kita akan melihat beberapa koleksi pesawat tempur dan helikopter yang berada di samping bangunan utama.

Lalu Setelah kita masuk ke bangunan utama museum dirgantara yang berwarna biru langit ini, kita akan disapa oleh 4 patung tokoh TNI-AU, yaitu: Marsekal Muda Anumerta Abdul Halim Perdanakusuma, Mersekal Muda Anumerta Agustinus Adisutjipto, Marsekal Muda Anumerta Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, dan Marsekal Muda Anumerta Iswahjudi yang terbuat dari perunggu. Keempat tokoh ini merupakan Pahlawan Nasional.

Jikalau Dilihat dari depan, museum ini terlihat sempit, namun setelah masuk kita akan menyadari bahwa museum ini luas. Ruangan museum ini bersekat sekat. Pada ruangan utama kita akan melihat foto-foto Kepala Staf Angkatan Udara dari yang pertama sampai pada periode sekarang dengan beberapa deskripsi di bawahnya.

Then.. di Ruangan lain yaitu diantaranya memamerkan foto foto sejarah yang berkaitan dengan angkatan udara Indonesia, Berbagai Seragam TNI AU dari zaman dahulu sampai sekarang, Kepangkatan TNI AU, Diorama tentang pertempuran melawan penjajah, dan yang paling menarik yaitu hanggar alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) dengan puluhan jenis pesawat udara, helicopter dan senjata seperti peluncur roket. Ada sekitar 36 koleksi mulai dari pemburu P-51 Mustang, bomber B-25 buatan USA, beberapa jenis MIG, Helikopter Sikorsky UH-34D, pesawat angkut Dakota VT-CLA, sampai pesawat Jetstar yang dibeli Bung Karno dari perusahaan Lockheed, USA, sewaktu menjadi presiden dahulu. Beberapa pesawat dapat di tumpangi dan kita bisa selfie bergaya ala pilot pesawat tempur! Keren banget..

Selain koleksi diatas, saat kita berkunjung ke museum ini, kita nantinya diperbolehkan menonton di bioskop mini yang memutar film tentang Tim Akrobatik Udara yang ada di Indonesia yaitu Jupiter. Untuk tiket masuk wisata museum dirgantara ini kita hanya dipungut sebesar Rp. 3000 saja. Murah kan brosist?! Tunggu apalagi, segera ajak keluarga terutama anak anak kita mengenali dunia dirgantara Indonesia dengan mengunjungi salah satu wisata yang ada di Yogyakarta ini, Museum Dirgantara Mandala.

#AKAtrans Blora selalu menyediakan layanan transportasi yang Aman dan Nyaman ..

No comments:

Post a Comment