Saturday 24 September 2016

WISATA KULINER JALUR PANTURA

Bila Suatu saat, kebetulan kita melewati jalur Utama Pantura dan jalur selatan Pulau Jawa, bolehlah kita mencicipi aneka kuliner yang menjamur di sepanjang jalan itu. Ada beberapa kuliner yang sayang sekali bila kita tak mencobanya. Kulinar seperti apa saja itu?


KEPITING MONTOK

Kepiting montok tak lain adalah kepiting telur. Lumrahnya hewan laut bercapit itu disajikan dengan kuah asam manis. Sensasi tercipta ketika 
kita menyedot cangkang kepiting. Ya, karena di situlah tersimpan banyak sekali telur.
Memang, tak banyak rumah makan yang menyediakan menu kepiting montok. Rumah makan yang menyediakan kuliner ini umumnya terpusat di Jalan Raya Ulujami-Pemalang, Jawa tengah.

DOCANG & NASI JAMBLANG

Docang adalah makanan perpaduan lontong, daun singkong, tauge, dan krupuk putih dengan siraman sayur dage atau tempe bungkil yang dihancurkan. Murah meriah. Cuma dengan sekitar Rp5.000 
kita sudah bisa menyantap kuliner khas pantura ini. Sayangnya, kini agak sulit mendapati docang.
Sedangkan Nasi Jamblang adalah nasi yang dibungkus daun jati dengan perpaduan berbagai lauk-pauk, seperti sambal goreng, semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu, dan tempe serta tidak ketinggalan 'blakutak', sejenis cumi-cumi yang dimasak bersama tintanya.

PONGGOL SETAN

Seperti namanya, ponggol setan menyajikan menu nasi dengan olahan tempe yang dibungkus daun pisang dengan tambahan sambal superpedas. Hmmm...karena pedasnya itulah 
kita bisa kesetanan usai menyantap kuliner ini. Menu ini dapat kita temui jika melintas di jalur pantura Tegal, Jateng.

SOTO GROMBYANG

Soto Grombyang banyak dijajakan antara Kota Tegal dan Pemalang. Soto ini unik karena tidak menggunakan irisan daging ayam, seperti soto pada umumnya. Soto Grombyang adalah nasi putih dengan irisan daging kerbau yang disiram kuah kaldu. Kuliner tambah nikmat disantap bila dipadukan dengan sate kerbau.

Penasaran kan ? Selamat mencoba..

#AKAtrans Blora dengan senang hati melayani anda dengan Aman dan Nyaman akan kebutuhan Transportasi. Wisata, Bisnis dan Kepentingan lainya kita siap sedia selalu.

No comments:

Post a Comment