Monday 26 September 2016

WISATA KOTA KUDUS


Banyak destinasi obyek wisata di kota Kudus yang menarik dan harus kita kunjungi di kota bersejarah ini. berikut diantaranya spot spot indah itu.


PATI AYAM KUDUS

Situs pati ayam ini berlokasi di Ds terban Kec Jekulo Kudus. tempat ini merupakan sebuah situs purbakala yang menyimpan benda benda purbakala seperi berbagai macam fosil. Kawasan ini di percaya sebagai pusat peradapan manusia purba karena di kawasan tersebut sering di temukan fosil fosil manusia purba. Kita bisa belajar sejarah disini.


AIR TERJUN GONGGOMINO COLO KUDUS

Air Terjun ini letaknya tak jauh dari air terjun montel yang sudah di bahas pada bagia sebelumnya. Untuk menuju ke lokasi ini Kita bisa menyusuri sungai yang berloaksi di kawasan Rejenu.


AIR TERJUN MONTEL KUDUS

Air terjun muntel juga berlokasi di kawasan wisata alam colo kudus. Air trejun tersebut tepatnya terletak di sebelah utara makam wali sunan muria di Ds kajar, Kec dawe Kudus. Air terjun tersebut mempunyai ketinggian air sekitar 50 meter.

Fasilitas yang tersedia di air terjun tersebut adalah mushola, tempat parkir yang luas, warung makan, kios yang menjual berbagai amacam cendramata khas colo dan lain sebagainya. Dan untuk harga tiket masuk ke air terjun montel ini adalah Rp. 5000 per orang.


KAWASAN WISATA COLO KUDUS

tempat wisata di kudus yang pertama yanitu wisata colo kudus, wisata colo kudus merupakan sebuah kawasan tempat wisata alam di kudus yang berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota kudus ke arah utara. tepatnya berada di kawasan pegunungan muria, Ds Colo, Kec. Dawe Kudus.

Wisata alam colo ini hampir mirip dengan wisata alam kopeng yang ada di magelang yaitu menyuguhkan pemandangan khas pegunungan dan Kita mersakan udara sejuk ala pegunungan yang tidak bisa di daptakan di kota kota besar.


Dan bagi Kita yang beragama muslim juga bisa sekalian ziaroh atau wisata religi makam sunan muria. makam sunan muria sendir berlokasi di puncak pegunungan dan di buthkan sedikit perjuangan untuk sampai ke makam tersebut. Namun di kawasan tersebut juga terdapat tukang ojek yang siap untuk mengantar Kita sampai ke puncak apabila Kita enggan unutk berjalan kaki.

DESA WISATA RAHTAWU KUDUS

Obyek wisata di kudus yang ini adalah desa wisata rahwatu kudus yang berlokasi di lereng gunung muria, tepatnya berada di Kecamatan Gebong Kudus. Desa wisata tersebut berada di ketinggian 1627 mdpl yang membuat udara disini begitu sejuk dan segar. Di desa tersbut juga terdapat sungai yang jernih yang bisa Kita gunakan untuk mandi dan bermain air. Selain menyuguhkan pemandangan alam pegunungan yang begitu menraik di kawasan tersebut juga terdapat bangunan – bangunan pertapaan yang bisa anda jelajahi.

WISATA ALAM REJENU KUDUS

Kawasan wisata alam rejenu ini masih berada di kecamatan colo kudus. Kawasan ini berada di ketinggian sekitar 1150 mdpl. Untuk menemukan kawasan wisata alam ini cukup mudah kok karenna jaraknya yang hanya 3 kilometer dari makam sunan muria. yang bisa Kita dapatkan apabila bekunjung ke kawasan wisata ini yaitu Kita dapat melihat dan juga mengamati pelbagai jenis tumbuhan dan alam pegunungan yang memanjakan mata.

MUSEUM KRETEK KUDUS

Setlah menjelajah wisata alam dan wisata air di kudus alangkah baiknya jika Kita mengunjungi juga wisata sejarah dan edukasi Kudus. Yitu Museum kretek, museum ini berlokasi di Ds Getas pajetan Kec Jati Kudus. Lokasi tersebut tidak jauh dari pusat kota yaitu hanya berjarak sekitar 3 kilometer ke arah selatan.

Sesuai dengan namanya yaitu kretek yang identik dengan rokok, musem ini mempunyai koleksi berbagai macam peralatan atau mesin untuk membuat rokok pada jaman dahulu. Selain itu Kita dapat melihat diorama yang memperlihatkan proses mulai dari penanaman tembakau hingga pembuatan rokok.

MAKAM SYECH ZADZALI

Tempat wisata di kudus selanjutnya yaitu makam syekh zadzali. Syekh zadzai sendiri merupakan murid sunan muria yang sangat taat kepada beliau. Syekh zadzali juga ikut serta menyebarkan islam di nusantara mendampngi sunan muria. Bagi Kita yang beragam muslim mungkin makan ini kami rekomendasikan untuk di ziarahi setelah makam sunan muria.


BUMI PERKEMAHAN & WANA WISATA KAJAR
Kudus juga mempunyai bumi perkemahan seperti bogor dan wonsosobo, yatu bumi perkemahan dan wan wisata kejar. Tempat ini berlokasi di kawasan hutan pinus dan berjarak sekitar 3 kilometer dari makam sunan muria. Kawasan wisata tersebut sangat cocok sebagai bumi perkemahan karena lokasinya yang berada di ketinggian 600 mdpl dan banyak terdapat pepohonan pinus.

WATERBOOM MULIA KUDUS

Setelah membahas tentang wisata alam kudus yang sangat menarik untuk di kunjungi, kini giliran wisata buatan di kudus yang akan kami bahas. Yitu Waterboom Mulia yang berlokais di Jalan Kudus – Colo KM 12, Ds lau Kec Bae Kudus.

Diwisata ini terdapat berbagai macam wahana air yang bisa Kita coba diantaranya yaitu kolam berarus, ember tumpah dan masih banyak lagi. Selain wahana air di wisata ini juga menyediakan Kolam pemancingan bagi yang hobi mancing dan juga permainan ATV. Untuk harga tiket masuk wisata air waterboom mulia hanya 15 ribu rupiah per orang pada saat ini.


SUMBER MATA AIR 3 RASA

Masih seputar kawasan wisata religi sunan muria, yaitu sumber mata air tiga rasa. tempat tersebut berlokasi di sebelah utara makam sunan muria dan berada di atas air terjun montel.

Sesuai dengan namanya mata air tersebut terdiri dari tiga sumber mata air dengan mata air yang pertama berasa tawar macam yang di yakini dapat meyembuhkan berbagai macam penyakit. Sedangakan untuk mata air yang kedua mempunyai rasa seperti soda pada minuman dan dapat di percaya meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadi berbagai macam persoalan dan masalah dalam hidup. dan mata air yang terakhir mempunyai rasa seperti tuak dan di percaya dapat memperlancar rizeki apabila bekerja keras.


WISATA RELIGI MENARA KUDUS

Setelah mengunjungi wisata sejarah museum kretek mungkin Kita tertarik untuk mengunjungi wisata menara kudus tersebut. Menara kudus merupakan sebuah bangunan menara yang di buat dari tumpukan batu bata yang beratap kayu berbentuk limas. Di bagian dinding menara terdapat beberap piring logam yang menempel, menurut cerita piring tersbut di datangkan langsung dari china.

Menara tersebut terletak di depan masjid al-alqsha yang berfungsi sebagai penanda waktu masuknya waktu sholat. Di sekitaran menara juga terdapat makam sunan kudus jika anda ingirn berziarah.


#AKAtrans Blora menyediakan layanan transportasi yang Aman & Nyaman bagi anda semua..

No comments:

Post a Comment