Tuesday, 1 March 2016

WISATA OLEH-OLEH KHAS KOTA MALANG

Rasa puas tak terhingga akan menggelayuti kita saat Pulang dari berkunjung ke suatu daerah dan memang terasa kurang afdol jika tidak membawa oleh-oleh khas daerah yang habis dikunjungi tersebut. Kemanapun kita pergi pasti kita akan hunting oleh-oleh khas sebagai kenang-kenangan kalau kita sudah pernah berkunjung di suatu tempat.

Kota Malang memang kota yang agak unik, tak hanya menjadi barometer dunia pendidikan, suporter bola-nya (AREMANIA) pun menjadi salah satu icon suporter yang fanatik tapi sportif. Malang juga menjelma menjadi daerah tujuan wisata. Dan Jenis kuliner khasnya tersedia dalam ragam variasi, harganya yang tidak mahal, namun bercitarasa yang berkelas dan mampu menggoyang lidah.

Pada umumnya, oleh-oleh khas Malang yang paling mudah hadir dalam ingatan kita adalah buah Apel. akanTetapi, ada banyak jajanan atau makanan khas Malang yang mungkin belum begitu amiliar terdengar di telinga kita. Berbagai jenis oleh-oleh ini memang pantas dipromosikan lebih luas lagi agar tidak asing di telingan para traveller.

BUAH APEL
Buah apel sudah identik dengan Malang. Terasa kurang afdol jika tidak membeli buah yang menjadi icon daerah Malang ini. Ada dua jenis apel Malang, yaitu apel Manalagi & apel Ana. Apel Manalagi memiliki bentuk yang bulat dengan warna hijau cerah dan rasanya manis. Sebaliknya, apel Ana berbentuk agak lonjong dengan warna merah dominan dan rasanya lebih asam.

Buah Apel sangat mudah ditemukan di Kota Malang, baik di mall, pasar buah, pasar tradisional, atau pedagang di pinggir jalan. Harganya sangat terjangkau dan yang pasti jauh lebih murah dari apel Washington atau apel Fuji kualitas impor. Menikmati apel Malang adalah juga bentuk sikap mencintai produk dalam negeri.
kita juga bisa menyantap apel langsung dari pohonnya. Kunjungi saja kawasan agrowisata Batu, kita dapat makan apel sampai puas di perkebunan. Tetapi khusus dimakan di tempat, bukan untuk dibawa pulang lho ya.

HANDY CRAFT KHAS MALANG
Okelah, Mungkin oleh-oleh berupa makanan atau cemilan terlalu mainstream. Produk oleh-oleh Malang lainnya adalah aneka keramik. Cobalah pergi ke lokasi Keramik Dinoyo yang terletak di Jalan MT. Haryono XI Malang,
D tempat ini, terdapat tak kurang dari 30 toko kerajinan yang menjual berbagai macam keramik dan hiasan seperti asbak, guci, mug, piring, vas bunga, dan hiasan dinding. Boleh jadi oleh-oleh khas Malang dalam bentuk hiasan keramik akan jauh lebih berkesan bagi teman, kolega atau keluarga kita di rumah.

MINUMAN SARI BUAH APEL
Sangat pantas jika minuman Sari Apel menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang yang banyak diburu para wisatawan. Minuman menyegarkan dari ekstrak buah apel ini mungkin cocok bagi mereka yang ingin menikmati buah apel dengan cara berbeda.
Sari Apel dibuat dari ekstrak buah apel pilihan. Prosesnya, apel berkualitas bagus dicuci dan dibuang isinya. Berikutnya apel dimasukkan ke mesin peras agar bagain ampas dan sarinya terpisah. Selain Apel Manalagi, Sari Apel ini juga menggunakan jenis apel lain, yaitu Romebeauty.

di Malang terutama di Kota Batu, banyak sekali produsen yang memproduksi Sari Apel. Jika membeli jangan lupa perhatikan komposisinya. Intinya, kita harus pintar memilih mana Sari Apel yang mengggukan pemanis buatan dan mana yang natural tanpa bahan pengawet. Tak hanya di Malang, oleh-oleh khas Malang ini juga dipasarkan ke kota-kota sekitar Malang seperti Blitar, Tulungagung, Kediri, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, & Surabaya.

KERIPIK BUAH
Hawa yang sejuk, dan geografi yang sangat ideal, menjadikan Tanaman buah memang cocok dibudidayakan di daerah Malang. Kontur tanah yang bersahabat membuat banyak sekali jenis buah yang dihasilkan di daerah Malang. Aneka jenis buah yang melimpah membuat sejumlah produsen berinisiatif membuat aneka keripik buah. Selain cara menikmati buah dengan sensasi berbeda, keripik aneka buah ini umumnya lebih awet sehingga bisa disimpan lebih lama.

Keripik buah bisa dibilang oleh-oleh khas Malang paling unik. Disini, kita tinggal memilih keripik buah apa yang diinginkan. Ada keripik buah apel, buah nangka, buah naga, buah salak, buah kelengkeng, buah rambutan, buah nanas, dan aneka buah segar lainnya. Padahal dibutuhkan proses panjang untuk mengubah buah yang semula banyak mengandung air menjadi keripik buah yang garing dan renyah.

Meskipun komposisi bahan dan rasa yang relatif hampir sama, umumnya keripik buah tersedia dengan merk dagang yang bermacam-macam. Biasanya merk mengikuti nama pemilik atau home industri dimana keripik buah tersebut diproduksi. Selain di beberapa kawasan wisata Malang, kita juga bisa mendapatkan keripik buah ini di pusat oleh-oleh khas Malang di sejumlah tempat di Kota Malang.

KERIPIK DAR TEMPE
Hmm.. ternyata Tak hanya keripik buah, Malang juga terkenal sebagai produsen keripik tempe terbesar di provinsi Jawa Timur. Hampir di setiap tempat di Malang, terdapat penjual keripik tempe. Mulai dari warung-warung kecil, kios, pusat perbelanjaan, atau di berbagai pusat jajanan khas Malang.

Salah satu merek keripik tempe ternama di Malang adalah Keripik Tempe Sanan. Lokasi produksinya sendiri berada di Kampung Sanan – Kecamatan Blimbing – Malang. Kampung Sanan sejak dulu sudah terkenal sebagai sentra penghasil keripik tempe. Tak heran jika hampir semua warga Kampung Sanan ini memiliki aktivitas yang tak jauh-jauh dari pengolahan tempe. Ada yang sebagai pemasok tempe, pengiris tempe, penggoreng tempe, hingga pembungkus tempe.
Uniknya, kita bisa menikmati Keripik Tempe Sanan ini dengan berbagai pilihan rasa. Ada keripik tempe rasa pizza, barbeque, jagung manis, rumput laut, dan rasa keju. Keren kan..?

STRUDEL PASTRY BUAH
Masih bahas soal buah, strudel adalah pastry buah atau semacam kue lapis yang berisi aneka buah. Ada strudel dengan isian buah apel, strawberry, pisang, nanas, atau campuran buah (mix fruit) Salah satu sentra strudel pastry buah adalah Malang Strudel. Tempat oleh-oleh khas Malang ini terbilang masih relatif baru dibanding yang lain, mengingat peresmiannya baru pada tahun 2014 silam. Penasaran dengan rasa strudel pastry buah khas Malang? Silahkan datang langsung ke lokasi Malang Strudel di Jln. Ardimulyo No. 14 Singosari.

KERIPIK CEKER
Wah.. Ternyata tak hanya ada keripik buah dan keripik tempe, namun keripik ceker termasuk oleh-oleh khas Malang yang harus dicoba. Dari namanya memang unik dan mengundang rasa penasaran, terutama mengenai bentuk dan rasa dari keripik ceker. Ini wajar mengingat ceker adalah bagian dari ayam yang mungkin sudah tidak bisa dimanfaatkan untuk makanan olahan apapun.

Ceker biasanya dibuang karena tidak mengandung daging ternyata dapat diolah menjadi kuliner yang gurih dan lezat. Dengan tambahan bumbu-bumbu tradisonal bercampur tepung terigu khas Malang, ceker yang terlebih dulu dimemarkan selanjutnya digoreng setelah dicampur dengan sejumlah bahan tambahan tersebut. Hasilnya, ceker berubah menjadi keripik yang garing dan renyah. Satu hal lagi, keripik ceker khas Malang ini mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium, kolagen, dan asam amino.

kita dapat memperoleh keripik ceker ini di sejumlah sentra oleh-oleh Malang dengan berbagai kemasan, mulai dari ukuran 100g hingga 1KG. kita tinggal memilih sesuai selera. Ingin keripik ceker yang masih fresh? kita bisa datang langsung ke lokasi home industry pembuatan keripik ceker di beberapa tempat di Kota Malang.

PIA MANGKOK
Iya, Pia memang identik dengan Jogja (Pia Patok). Akan Tetapi, ternyata Malang juga penghasil kue pia dengan ciri khas dan rasa berbeda. Pia ala Malang ini biasa disebut Pia Mangkok. Pia mangkok termasuk salah satu oleh-oleh khas Malang yang direkomendasikan karena sanggup bertahan hingga 2 minggu terhitung dari masa produksi.

seperti halnya pia pada umumnya, Pia Mangkok juga memiliki beberapa varian rasa seperti rasa cokelat, kacang hijau, keju, dan durian. Untuk mendapatkan Pia Mangkok paling enak, Anda datang saja ke toko Pia Mangkok yang berlokasi di Jalan Semeru No. 25 Malang.

FROZEN BAKSO
Para traveller juga mengenal Malang sebagai kota yang identik dengan kuliner bakso. Menyantap bakso panas di tengah udara dingin Kota Malang memang mampu menghadirkan sensasi yang khas. Untuk mengobati kerinduan nikmatnya bakso Malang, kita bisa membeli frozen bakso atau bakso beku yang selanjutnya dapat dimasak sendiri di rumah kita masing-masing .

Frozen bakso bisa kita temukan di lokasi Bakso President yang beralamat di Jalan Batanghari, tepat di belakang Hotel Savana Malang. Bakso yang dibekukan mampu bertahan hingga beberapa bulan jika disimpan dalam lemari es. Disini, kita juga bisa mendapatkan sekalian bumbu-bumbunya sehingga tinggal membuat sendiri bakso Malang di rumah dengan citarasa dan kelezatan yang pastinya sama.

OLAHAN KETELA
Ada kemungkinan nama makanan yang satu ini terdengar cukup aneh. Bagi warga diluar malang. Dalam bahasa jawa, “telo” berarti ubi atau lebih familiar disebut sebagai ubi jalar. Di perbatasan paling utara Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Lawang (berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan) terdapat sentra kuliner dari bahan telo, yaitu Repoeblik Telo. Semua olahan makanan di sini menggunakan bahan dasar telo.

Di Repoeblik Telo ini, kita bisa mencicipi aneka kuliner dari bahan telo, seperti es krim telo, pizza telo, nugget telo, bakpao telo, dan keripik telo yang semuanya dari telo warna ungu. Ingin tahu rasa kuliner dari bahan telo ini? Langsung saja meluncur ke alamatnya di Jalan Raya Purwodadi No. 1 Lawang – Malang. Pusat oleh-oleh khas Malang ini juga menyediakan tempat yang sangat luas dan nyaman, lengkap dengan fasilitas free Wi-Fi (bukan free wife lho) :)

So, tunggu apa lagi.. segera serbu oleh-oleh khas Kota malang.

#AKAtrans Blora identik dengan layanan transportasi yang Aman dan Nyaman. Karena kami memang selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik buat para klien kami.