Tuesday 8 March 2016

WISATA GORONTALO


Tahun ini memang tahun yang sangat special buat dunia Wisata Indonesia, khususnya dunia wisata di Pulau Sulawesi (Celebes). Ya, Fenomena GMT atau yang kita kenal dengan Gerhana Matahari Total yang terjadi tahun ini memang 'melanda' sebagian besar wilayah Pulau Sulawesi dan terkhusus wilayah daerah Palu Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Nah.. bagi kita yang melewati fenomena alam GMT ini, tak ada salahnya mampir dan menikmati juga beberapa destinasi Wisata di Gorontalo. Kota bersejarah ini juga menyimpan aneka eksotisme alam khas Celebes.


PEMAKAMAN SUCI JU PANGGOLA

Kira kira Apa yang terbayang ketika kita mengunjungi makam..? tak melulu Suasana mistis kan..? Ya, Pemakaman tak selalu identik dengan hal yang seram apalagi menakutkan. Pemakaman Suci Ju Panggola ini misalnya, telah ada sejak abad ke-14. berada di Kecamatan Dembe I, sekitar 2KM dari pusat Kota Barat, Gorontalo. Masyarakat di sekitar pemakaman ini sebagai tempat suci karena memiliki karakteristik yang unik terkait dengan budaya Islam yang terjadi disana.

RUMAH ADAT GORONTALO
Seperti kita ketahui bahwa Rumah Adat Gorontalo disebut dengan Bantayo Poboide. harfiahnya “Bantayo” artinya bangunan & “Poboide” punya arti Tempat Pertemuan. Selain sebagai budaya Gorontalo, Bantayo Poboide juga berfungsi sebagai tempat kegiatan seni budaya Gorontalo. Tempat ini memiliki banyak ruangan dengan fungsi masing-masing, ornamen pada dinding juga menyimbolkan setiap aktivitas penghuninya. Silahkan nikmati keunikanya.

MENARA MULIA
Untuk memperluas cakrawala kita tentang Gorontalo, ada baiknya kita nikmati suasana yang berbeda, cobalah menjelajahi pemandangan indah Danau Limboto dari ketinggian 60M menggunakan teleskop. Kita dapat menaiki Menara Kemuliaan. Di dalam menara ini  terdapat aneka cindera mata yang ditampilkan dan beberapa restoran untuk menikmati kuliner khas Gorontalo. MakNyuuus..

MONUMEN NANI WARTABONE
Perlu kita ketahui, bahwa nama monumen ini diambil dari nama salah satu Pahlawan lokal Gorontalo, Nani Wartabone. Jasanya sangatlah besar dan penting dalam perjuangan rakyat Gorontalo. Monumen ini dapat kita temukan di Taman Taruna Remaja Gorontalo. Kita bisa mengunjugi salah satu Masjid tertua di Gorontalo yang sudah berusia 300 tahunan.

TANGGA DUA RIBU
Kita akan terkesima, Dari atas ketinggian objek wisata tangga 2000 dan jejak kaki Lahilote ini, Kita dapat menikmati keindahan danau. Rasakan sejuknya semilir angin dingin menerpa pohon-pohon kelapa pada sore dan malam hari. Sebuah batu berukuran besar nampak seperti jejak kaki manusia, Konon, “Lahilote” adalah jejak kaki dari seorang pria yang menikah dengan sorang malaikat yang jatuh ke bumi. Amazing Kan?

BENTENG OTAHANA
Dahulu kala, Benteng Otahana digunakan oleh para Raja Gorontalo beserta pengikutnya sebagai tempat perlindungan dan pertahanan. Material yang digunakan untuk membangun Benteng bersejarah ini sangatlah aneh dan unik, berasal dari campuran pasir, plester dan putih telur Maleo. Letaknya yang berada di dataran tinggi memungkinkan bagi Kita untuk menikmati pemandangan Danau Limboto.
Benteng Otahana terletak di Dembe I, Kota Barat, sekitar 9KM dari pusat kota Gorontalo. Kita dapat menemukan dua benteng lainnya yaitu Otahiya dan Istana Ulupahu. dan Untuk mencapainya, Kita harus menaiki 345 anak tangga. Cobalah pengalaman seru mendaki hingga ke puncak benteng dan serasa berada di Zaman Kerajaan.

#AKAtrans Blora Menyediakan layanan Transportasi yang Aman dan Nyaman untuk kelancaran Anda semua beraktifitas, Mulai dari Bisnis, Wisata maupun yang lainya.

No comments:

Post a Comment