Wednesday 2 March 2016

WISATA EDUKASI ANAK SEMARANG

Siapa sih yang tidak mau Sambil berwisata dapat pengetahuan. destinasi seperti inilah yang tepat untuk kita kunjungi bersama keluarga dan anak-anak kita. Sambil berjalan-jalan santai, kita bisa mengenalkan berbagai pengetahuan baru kepada anak. Karena rasa keingintahuan anak yang cukup tinggi, mereka pun diharapkan akan bisa menikmatinya dengan maksimal dan enjoy.

Ada beberapa refrensi tentang destinasi tujuan wisata bagi anak-anak diarea Jawa Tengah dan sekitarnya. Berikut beberapa pilihan yang bisa kita kunjungi sebagai tempat wisata sambil belajar bersama anak, di ibu kota provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang.


MUSEUM RONGGOWARSITO

Museum terbesar di Jawa Tengah ini memiliki luas mencapai 8.438 meter persegi, yang dibagi menjadi beberapa bagian. Mulai dari pendapa, gedung pertemuan, gedung pameran tetap, perpustakaan, laboratorium, perkantoran, gedung deposit koleksi, maupun beberapa gerai yang menyediakan cinderamata khas untuk oleh-oleh sebagai kenangan.

Di Museum Ranggawarsito akan kita bisa melihat 50ribu koleksi peninggalan sejarah. Gedung A: Galeri Geologi di Lantai I, Gedung A: Galeri Paleontologi di Lantai II, Gedung B: Peninggalan dari peradaban Hindu-Buddha di Lantai I & II, Gedung B: Peninggalan dari berbagai zaman peradaban di Lantai II, Gedung C: Galeri bersejarah perjuangan bersenjata di Lantai I, Gedung C: Galeri koleksi teknologi dan kerajinan tradisional di Lantai II, Gedung D: Galeri Pembangunan di Lantai I, Ruang D: Galeri Kesenian di Lantai II, & Ruang E: Galeri Koleksi Emas.

Lokasi Museum Ronggowarsito juga relatif mudah untuk dikunjungi yaitu di Jalan Abdulrahman Saleh No 1 dekat jalan layang Kalibanteng. Setiap hari buka, termasuk akhir pekan dan libur nasional dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Harga tiket untuk dewasa Rp 4 ribu dan untuk anak-anak Rp 2 ribu. Sangat murah bukan?


TAMAN MARGA SATWA SEMARANG

Kebun Binatang Semarang atau juga disebut Taman Marga Satwa Semarang, merupakan tempat konservasi satwa yang memadukan konsep edukasi dan rekreasi. Mengunjungi dan menikmati Taman Margasatwa Semarang anak-anak kita bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas mengenai kekayaan flora dan fauna yang tersebar di negeri kita tercinta ini. sekaligus berekreasi mendapatkan kesegaran dari kepenatan rutinitas sehari-hari.

Kebun binatang Semarang ini telah memiliki sekitar 40 jenis satwa lebih dan setiap periodenya akan selalu ditambah dengan jenis satwa lain untuk melengkapi koleksi kebun binatang. Masing-masing jenis satwa jumlahnya berkisar 2 ekor hingga 6 ekor, mereka ditempatkan di suatu lokasi yang mirip dengan habitatnya semula.


Adapun Lokasi Taman Marga Satwa Semarang cukup mudah untuk dijangkau. Letaknya di perbatasan antara Semarang - Kendal, tepat di depan terminal Mangkang. Tiap hari buka dari pukul 08.00 – 17.00. Harga tiket masuk cukup terjangkau Rp 5ribu perak saja.


M U R I

Gedung MURI dibangun di kawasan industri Jamu Jago, Srondol Semarang. Total Luas ruang sekitar 600 m2 terdiri dari ruang ekshibisi data dan foto MURI, balai pertemuan dan ruang eskhibisi Museum Jamu Jago yang menampilkan foto-foto dan benda-benda bersejarah di perusahaan Jamu Jago yang didirikan oleh TK Suprana pada tahun 1918 di sebuah desa kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Museum Rekor-Dunia Indonesia atau yang bisa kita kenal sebagai MURI, didirikan atas prakarsa Jaya Suprana pada 27 Januari 1990. Tujuannya, murni untuk pengabdian dengan menghimpun data-data rekor superlatif yang hadir di Indonesia atau dibuat oleh putera-puteri bangsa Indonesia. Untuk inspirasi penggugah semangat bangsa Indonesia agar selalu berjuang mempersembahkan karya dan keahlian masing-masing menjadi yang terbaik.

Museum Rekor Dunia Indonesia sangat terbuka untuk kunjungan umum tanpa dipungut biaya, setiap hari kerja Senin - Jumat, mulai pukul 09.00 – 14.00. Bagi kunjungan rombongan turis, siswa sekolah, lembaga dianjurkan membuat reservasi kunjungan selambat-lambatnya dua minggu sebelumnya melalui surel atau e-mail ke info@muri.org.


PURI MAEROKOCO

destinasi wisata yang sering disebut sebagai Taman Mininya Jawa Tengah ini dibangun pada tahun 1993, menempati areal seluas 23,84 ha. Yang terdiri dari berbagai anjungan dari 35 daerah kabupaten/kotamadya dati II se-Jawa Tengah, dengan desain bercirikan arsitektur khas daerah masing-masing.

Taman Mini Jawa Tengah ini diresmikan pada tahun 1980an. Sedangkan, nama Puri Maerokoco diambil dari salah satu bagian epos Mahabarata. Yang menceritakan tentang keinginan salah seorang dewi memiliki seribu bangunan hanya dalam waktu satu malam.

Di dalam setiap anjungan, kita bisa melihat berbagai kerajinan tangan, foto objek wisata, pakaian tradisional, makanan dan minuman khas daerah masing-masing. kita bisa semakin mengenal setiap daerah di Jawa Tengah tanpa harus berkeliling setiap kota, namun cukup dengan mengunjungi setiap anjungan di Puri Maerokoco.

Puri Maerokoco sangat tepat untuk wisata keluarga maupun untuk wisata pendidikan anak-anak sekolah. lokasinya cukup mudah untuk dikunjungi, yiatu di sebelah barat PRPP, sekitar 3 KM dari bandara Ahmad Yani. Setiap hari buka mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Tiket masuk Senin – Sabtu Rp 5 ribu, dan Rp 6Ribu saat momen liburan atau weekend.

Nah, sangat menarik bukan? Tunggu apalagi, segera meluncur dan nikmati destinasi wisata edukatif buat anak-anak kita.

#AKAtrans Blora selalu setia untuk selalu menyediakan layanan transportasi yang Aman dan Nyaman dengan harga yang lebih terjangkau / negoable.

No comments:

Post a Comment