Wednesday 2 March 2016

WISATA DANAU POSO

Poso! Ya Poso! Sebuah daerah yang kerap menjadi headline di media-media offline maupun online. Entah apa yang terjadi disana, yang jelas semakin dibahas di media tentang poso, makin penasaran saja rasanya untuk bisa merasakan menghirup udara segar Poso, karena daerah ini dikelilingi oleh pegunungan nan hijau.

Mobil merangkak pelan, karena kondisi jalan masih dalam tahap perbaikan, entah daerah apa namanya, yang jelas sudah memasuki wilayah poso. Mobil terpaksa jalan satu-satu karena kanan kiri jurang, sedang jalan utamanya sendiri masih dalam proses di cor beton. Dan aku memasuki kota Poso pas terdengar suara Adzan Isya’.

Ada beberapa destinasi wisata disini, salahsatunya yaitu Danau Poso. Danau Poso menjadi salah satu andalan obyek wisata di Sulawesi Tengah. Dan Danau Poso adalah Danau terluas ketiga yang ada di wilayah Nusantara tercinta ini. Luasnya sekitar 32.320 Ha, rentang panjangnya sekitar 32KM dan lebarnya 16KM. Danau Poso ber kedalaman sekitar 360M dibagian selatan & 510M di bagian utara. Danau Poso membentang ke utara hingga kecamatan Pamona Utara, Tetena di bagian Utara atau sekitar 56KM dari pusat kota Poso.

Hmm.. Udara di Danau Poso sangat sejuk, karena Danau Poso berada di dataran tinggi dan di kelilingi oleh pegunungan. Danau Poso terletak pada ketinggian 657 mdpl (diatas permukaan laut). Air di danau ini jernih sekali, dan juga terdiri dari dua warna, air di tepian danau berwarna hijau sementara di tengah-tenga danau berwarna biru. kita bisa menghabiskan waktu untuk berenang di air jernih danau, dan bagi yang hoby memancing bisa memancing sepuasnya. Yang unik lagi dari Danau Poso yaitu airnya berombak seperti air laut, bahkan tepian danau ini juga berpasir putih persis seperti di pantai. Air danau bisa berombak karena kerasnya hembusan anginya yang berada disana.

Danau Poso bertepian landai dan tidak berbatu atau karang, sangat aman dan nyaman untuk berlari-larian di sekitar danau. kita juga bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu montor yang ada di terminal kapal tentena atau ikut bersama warga yang menuju wilayah Peura di ujung Danau Poso.

Jangan kuatir, Di Danau Poso juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas antara lain penginapan dan tempat makan yang menyajikan berbagai hidangan seafood yang siap memanjakan lidah kita. Sudah menjadi event tetap, Setiap Tahunnya pemerintah daerah kabupaten Poso selalu mengadakan acara Festival Poso di danau ini, oleh karena itu sebelum kita berkunjung kesini ada baiknya kita mencari tahu kapan Festival Poso di adakan, agar kita tak terlewatkan menyaksikan gebyar acaranya.

#AKAtrans Blora memberikan layanan yang Aman dan Nyaman untuk kebutuhan transportasi anda. Bagi yang suka ber-wisata, atau aktivitas dan lainya, kita siap everytime, everywhere..

No comments:

Post a Comment