Sunday 28 February 2016

WISATA HUTAN PINUS DIY

Hai.. hai.. hai.. kakli ini kita akan sedikit mengulas tentang Wisata Hutan Pinus di DIY. Dlingo, adalah Salah satu wilayah Kecamatan di daerah Kabupaten Bantul yang berada di ketinggian. Dan jangan heran di daerah Dlingo terdapat area-area menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian. Ya, salah satunya yaitu di Puncak Becici.

Puncak Becici berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.wilayah ini masuk dalam RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan, wilayah kerja Dishutbun Provinsi DI Yogyakarta.


Road Map menuju Puncak Becici dari Kota Jogjakarta sangat mudah, dari kota Jogja, arahkan kendaraan kita menuju Jalan Imogiri Timur, lalu ikuti jalan tersebut sampai mentok di pertigaan pasar Imogiri. Dari Pertigaan ini ambil arah kiri dan ikuti papan petunjuk jalan menuju kebun Buah Mangunan. Dan perlu diketahui untuk lebih waspada, dari sini Jalan yang dilalui mulai menanjak, dan berbelok-belok. Sampai kita bertemu di pertigaan kebun buah dan Hutan Pinus, langsung luru saja  menuju Hutan Pinus Mangunan. Ikuti jalan tersebut melewati kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan sampai bertemu di pertigaan yang ada papan petunjuk jalan menuju Puncak Becici. Ikuti Papan petunjuk yang ada mulai dari sini dan akan membawa kita ke kawasan wisata Puncak Becici.

Dan sesampainya di lokasi kawasan Wisata Puncak Becici, kita akan langsung disuguhi pemandangan yang wah, kesejukan  dan aroma khas Hutan Pinus yang pasti akan membuat kita nyaman di dalamnya. Hutan pinus di Becici ini agak berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan, Pohon pinus Becici ini disadap diambil getahnya sebagai bahan dasar pembuatan Gondorukem & Terpentin.

Di sepanjang menelusuri Hutan Pinus menuju Puncak Becici, terdapat banyak bangku sederhana yang terbuat dari batang pohon pinus yang roboh, untuk tempat bersantai, menikmati suasana pinus. Setelah berjalan kurang lebih 15 menit, tibalah juga kita di Puncak Becici.



Pemandangan yang menakjubkan terlihat di Puncak Becici. Akan Terlihat kabut-kabut yang terpisah pisah bagaikan awan kecil di langit menghiasi bukit-bukit kecil di sekitar Puncak Becici. Kita akan terkagum kagum akan landscape Gunung Merapi dan Gunung Sindoro terlihat sangat gagah nan anggun. Jika kita melihat kearah barat terlihat pegunungan Menorehnya Kulonprogo dan samar terlihat pantai selatan Jogja. Puncak becici ini sangat bagus dikunjungi pagi hari dan sore hari. Pagi hari cuaca masih sejuk-sejuknya, dapat melihat pemandangan wilayah kota Yogyakarta yang masih di selimuti kabut dan pada Sore hari matahari sudah tidak begitu panas dan bisa melanjutkan menikmati senja dan suasana malam disini.

Ternyata Kawasan Wisata Puncak Becici dikelola oleh warga setempat secara swadaya. Mereka secara gorong royong membangun fasilitas-fasilitas sederhana seperti  pemerataan jalan masuk, lokasi parkir kendaraan, bangku tempat istirahat pengunjung, rumah pohon seperti  yang ada di Kalibiru, Kulonprogo. Fasilitas yang dibuat pengelola cukup sederhana, mengingat kawasan ini merupakan kawasan Hutan Lindung  sehingga  pembangunan fasilitas agak terbatas. Mengunjungi Hutan Lindung yang merupakan wilayah hutan yang berfungsi sebagai kawasan penyangga kehidupan untuk daerah di sekitar Becici termasuk Kota Yogyakarta sudah sepantasnya kita, wisatawan juga pengelola kawasan wisata untuk menjaga fungsi dan keberadaan Hutan Lindung, minimal dengan menjaga kebersihan, tidak bermain api, tidak menebang dan merusak pohon serta ha lain yang merugikan kawasan hutan Lindung dan kawasan wisata Puncak Becici. Agar terjaga kelestarianya.

-       #AKAtrans Blora selalu siap dan sedia melayani Anda yang membutuhkan Layanan tansportasi yang Aman dan Nyaman.

No comments:

Post a Comment