Sunday 28 February 2016

ANEKA AGRO WISATA DI SALATIGA

Adakalanya kita  ingin berlibur ke kota Salatiga, ada banyak tempat wisata alam yang cukup populer dan wajib dikunjungi. Letaknya yang berada di lembah, dan cukup sejuk ini memiliki obyek liburan ciri khas wilayah pegunungan, yang tentu saja tidak mungkin ditemukan pantai indah seperti andalan tempat wisata di Lombok maupun wilayah lain di dataran rendah. Di sini, anda akan menemukan danau, air terjun, water adventure yang baru dibuka dan bahkan wisata petualangan dengan mendaki gunung. Ada tertarik berlibur ke kota Salatiga? inilah tempat wisata terkenal dan direkomendasikan di Salatiga.

WISATA KOPENG
Destinasi ini mirip dengan suasana tempat wisata di Lembang yang letaknya di lereng gunung. Dari pusat kota Salatiga hanya diperlukan waktu kurang dari setengah jam atau sekitar 8 kilometer. Di sini anda dapat membeli bunga, outbound games dan camping. Bahkan di hari libur, hutan pinus wana Kopeng yang terletak di pintu masuk menuju puncak gunung merbabu terdapat persewaan kuda untuk keliling pedesaan dan hutan pinus. hmm.. Udara segar dan bersih akan berebut memasuki rongga paru-paru anda. Jika berencana menginap di sini, di sarankan cari villa yang menyediakan perapian. Sebab di malam hari suhu udara wilayah Kopeng sangat dingin khas pegunungan.

GUNUNG MERBABU
Dan Bagi pecinta alam, berwisata dengan mendaki gunung di Salatiga ini merupakan impian. Pemandangannya yang sangat indah di puncak Merbabu selalu membuat pendaki selalu mengulang untuk menaikinya berkali-kali. Dari puncak Merbabu, anda dapat melihat keindahan lampu-lampu kota Salatiga, danau Rawa Pening, Ungaran, bahkan hingga Semarang. Jika anda menoleh ke belakang, maka keindahan gunung Merapi juga terlihat sangat jelas. Apalagi jika sedang aktif, maka lelehan lahar yang menyala terlihat sangat indah dari puncak gunung Merbabu. Pastikan anda menyiapkan fisik yang prima karena gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 meter ini termasuk yang cukup sulit didaki. Ada beberapa jalur yang dapat digunakan menuju puncak Gunung indah ini.

WAHANA ATLANTIC DREAMLAND
Tempat ini merupakan tempat wisata anak-anak hingga orang dewasa yang paling digemari di kota ini. Lokasi water adventure ini berada di jalan Sukarno Hatta, Isep-isep, Salatiga. konsepnya sama dengan Ciputra Waterpark yang merupakan wisata populer di Surabaya, tetapi dalam ukuran kecil. Tempat ini selalu ramai di akhir pekan atau saat hari libur. Biasanya, selain mencoba wahana air, anak-anak juga suka bermain kuda-kudaan, bom-bom car dan waterball. Pastikan pengawasan yang ketat terhadap anak anda karena di obyek ini sering terjadi orang tua yang kehilangan anak, walau cuma sebentar saja. Kejadian yang cukup menjengkelkan ini karena asyiknya sang anak bermain air di Atlantic Dreamland ini dan biasanya pada saat pengunjung sangat banyak di hari libur.

RAWA PENING
Sebuah danau yang banyak ditumbuhi oleh enceng gondok. Tempat wisata ini merupakan pertemuan tiga wilayah yaitu Salatiga, Ambarawa dan Ungaran. Jika anda sedang dalam perjalanan dari kota Semarang menuju Solo, pasti melewati danau Rawa Pening yang indah ini. Berwisata sambil mencicipi kuliner lezat yang disediakan oleh resto-resto di pinngir danau ini adalah pengalaman seru yang tidak terlupakan. Di sini ada resto yang juga menyediakan kolam renang dan taman berkuda yang dapat digunakan sebagai sarana rekreasi untuk keluarga. Jangan lupa anda mampir juga ke bukit Cinta yang berupa taman yang dipenuhi pinus di tepi danau.

AGROWISATA SALIB PUTIH
Keberadaan Lokasinya di jalan Hasanudin KM4, Salatiga – Kopeng. Obyek wisata ini berupa ecopark hotel yang dilengkapi dengan sarana taman bermain, perkebunan, outbound dan sering juga digunakan untuk retret. Bagi anda yang suka berkemah, tempat ini juga menyediakan camping ground dengan kondisi udara yang sejuk. Kami menyarankan agar anda menginap di tempat ini karena fasilitasnya sangat lengkap, termasuk kolam renang yang memiliki view cukup cantik yaitu lampu-lampu kota Salatiga (lihat pada gambar). Keindahan lampu kota di malam hari ini mengingatkan keindahan Bukit Moko. Selain pemadangan yang indah di malam hari, dari Agrowisata Salib Putih menuju Kopeng sekitar 4KM lagi. Artinya, lokasi Salib Putih sangat strategis, apalagi jika anda tidak tahan menginap di Kopeng yang udaranya sangat dingin.

GUNUNG TELOMOYO
Sebenarnya secara administratif letak gunung ini bukan di wilayah Salatiga, tetapi tempat wisata ini paling mudah dikunjungi jika melalui kota ini. Lokasinya sangat dekat dengan Kopeng. Bagi anda yang tidak hobi mendaki gunung tetapi ingin merasakan puncak gunung yang dingin, silakan kunjungi Telemoyo. Karena dari bawah hingga puncaknya, anda dapat menggunakan mobil, tetapi disarankan menggunakan sepeda motor karena kondisi jalan yang kurang baik di beberapa titik. Wisatawan yang memang ingin mendaki dengan jalan kaki, disarankan melalui Ambarawa maupun Magelang karena lebih menantang. Sebaiknya ke gunung Telemoyo dilakukan pagi hari agar mendapatkan obyek foto yang sangat indah.

AIR TERJUN UMBUL SONGO
Suasana dan Keindahan tempat wisata ini dimulai saat anda menapakkan kaki dari tempat parkir dan berjalan masuk hutan sekitar setengah jam. Walaupun melelahkan dan membutuhkan fisik yang prima, banyak pengunjung yang tetap memaksakan diri karena udara sejuk dan segar yang seolah memberikan tenaga tambahan. Saat tiba di air terjun umbul songo, hal utama yang dilakukan adalah menceburkan diri di dalam air yang sangat dingin. Setelah puas bermain air, barulah acara dilanjutkan dengan berfoto-foto. Lokasi air terjun yang indah ini berada di kawasan wana kopeng, Salatiga. Memang debit airnya kecil dan ketinggiannya hanya setengah dari air terjun Sendang Gile, tetapi suasananya tidak berbeda jauh.

#AKAtran Blora menyediakan layanan transportasi yang Aman dan Aman. bagi Anda yang ingin berkepintangan di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, kami selalu siap melayani Anda.

No comments:

Post a Comment